SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA — Siapa di balik hilangnya 141 lukisan di Museum H. Widayat, beberapa waktu lalu? Ternyata lukisan itu berada di tangan ahli waris sang Maestro. Namun, ahli waris H. Widayat enggan dianggap mencuri.

Sejumlah perwakilan ahli waris H. Widayat Selasa (15/1/2013), menggelar jumpa pers terkait berita kehilangan ratusan lukisan tersebut. Dikatakan, 141 lukisan itu kini  berada di rumah 11 ahli waris H. Widayat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Tidak benar kalau kami menggarong, mencuri apalagi melakukan penyekapan. Kami sudah menelepon Fajar Purnomosidi waktu mau mengambil barang itu,” jelas Ahli waris Anwar Hutomo Kusumo Wardono saat jumpa pers di kantor Pusat Bantuan Hukum Jogjakarta (PBHJ), Selasa (15/1/2013).

Diungkapkan, pengambilan barang itu sudah diberitahukan ke Fajar Purnomosidi. Penjaga museum juga menyaksikan dan memberi kunci kepada anak tertua H. Widayat, Wardiningsih.

Pengambilan 141 lukisan menurut Anwar, karena kini banyak karya sang Maestro yang rusak atau tak terawat di museum tersebut. Untuk menyelamatkanya 11 ahli waris mengamankan sebagian barang. Ia membantah bila pengambilan 141 lukisan karena motif ekonomi alias untuk dijual.

“Nggaklah kalau dijual, kami hanya mengamankan saja,” kata Anwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya