SOLOPOS.COM - Acara serah terima 450 arsip LP2MP3M ISI Solo dilaksanakan pada Rabu (26/10/2022) di ruang rapat LP2MP3M. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu (LP2MP3M) Institut Seni Indonesia atau ISI Solo menyerahkan arsip statis di lingkungannya kepada Unit Kearsipan I ISI Solo.

Arsip yang diserahkan meliputi arsip penelitian dan pengabdian kepada masyarakat periode tahun 1998-2018. Acara serah terima dilaksanakan pada Rabu (26/10/2022) di ruang rapat LP2MP3M.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Acara serah terima ini dihadiri Ketua LP2MP3M, Sekretaris LP2MP3M, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Arsiparis Unit Kearsipan, dan Tim Pelaksana Akuisisi Arsip Statis LP2MP3M.
Penyerahan arsip statis LP2MP3M merupakan tindak lanjut monitoring keberadaan arsip yang memiliki potensi arsip statis di lingkungan ISI Solo berdasarkan Surat Kepala Biro Umum dan Keuangan ISI Surakarta Nomor 5881/IT6.1/KA.03.02/2022 tentang Penyerahan/Akuisisi Arsip Statis.

Acara ditandai dengan penyerahan secara simbolis arsip statis LP2MP3M dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Arsip Statis yang dilakukan oleh Ketua LP2MP3M selaku pencipta arsip dan Kepala Biro Umum dan Keuangan selaku penanggung jawab Unit Kearsipan I.

Baca Juga: Dosen ISBI Aceh dan ISI Solo Rayakan Pengakuan UNESCO atas Gamelan

Penyerahan arsip statis LP2MP3M merupakan peristiwa perdana dalam sejarah ISI Solo. Arsip statis yang diserahkan terdiri atas 304 judul laporan akhir penelitian periode tahun 1998-2018 dan 146 judul laporan akhir pengabdian kepada masyarakat periode tahun 2000-2017.

Penyerahan arsip statis dilakukan setelah melewati beberapa tahapan mulai dari identifikasi arsip statis, pembuatan daftar arsip statis usul serah, penilaian arsip statis usul serah, dan penetapan arsip statis.

Arsip statis yang sudah diserahkan akan berpindah kewenangan pengelolaannya dari LP2MP3M kepada Unit Kearsipan I.

Langkah lebih lanjut yang harus dilakukan adalah menyusun skema penataan dan indeks lokasi arsip statis, penataan dan penyimpanan arsip statis, pengolahan arsip statis menjadi informasi, penyusunan sarana temu kembali arsip statis dalam bentuk daftar arsip statis/guide arsip/inventaris arsip.

Baca Juga: Prodi DKV ISI Solo Adakan LKTD Sambut Mahasiswa Baru

Dr. Sunardi, selaku Ketua LP2MP3M, menyatakan bahwa penyerahan arsip merupakan langkah penting untuk penyelamatan memori kolektif dan kekayaan intelektual.

Proses yang harus ditempuh juga panjang, seperti halnya seorang dosen menjalankan riset sehingga membutuhkan kerjasama dan komitmen dari berbagai pihak terkait.

Arsip yang tercipta merupakan aset berharga sehingga wajib diselamatkan dan dikelola sebagai informasi untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pemerintah.

Prastawa Sunu, S.Sos., M.M, selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan sekaligus Penanggung Jawab Unit Kearsipan I, menegaskan bahwa akuisisi arsip statis merupakan bagian dari penyusutan arsip sehingga tidak menumpuk di unit kerja.

Baca Juga: Selamat! 5 Tim Mahasiswa ISI Solo Raih Pendanaan P2MW

LP2MP3M sudah mengawali satu tahapan penting, bahkan bisa dikatakan mencetak sejarah dalam pengelolaan arsip di ISI Solo. Dan juga menandai langkah strategis bagi rencana pengembangan Arsip Seni di ISI Surakarta, yang sebelumnya sudah diawali dengan pendirian Pusat Studi Arsip Seni.

Akuisisi arsip statis merupakan upaya ISI Solo dalam penyelematan memori kolektif bangsa dan aset negara. Di samping itu, kegiatan ini adalah pelaksanaan komitmen ISI Surakarta untuk menyelenggarakan pengelolaan arsip sesuai standar kearsipan nasional sebagai salah satu target kinerja dalam peta jalan reformasi birokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya