SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kondisi LP Tanjung Gusta Medan saat terjadi kerusuhan, Kamis (11/7/2013). (JIBI/Bisnis/Andi Rambe)

Kondisi LP Tanjung Gusta Medan saat terjadi kerusuhan, Kamis (11/7/2013). (JIBI/Bisnis/Andi Rambe)

Solopos.com, JAKARTA — Terkait kerusuhan dan kebakaran yang terjadi di LP Tanjung Gusta, Komisi III DPR bakal  berangkat ke Medan untuk meninjau situasi di lokasi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Komisi III DPR rencananya akan datang ke Medan melihat dari dekat apa penyebab terjadinya kerusuhan dan pembakaran, serta sejauh mana aparat sudah berhasil mengamankan keadaan,” kata anggota Komisi III Martin Hutabarat dalam pesan singkat, Jumat (12/7/2013).

Rencananya mereka akan berangkat siang ini pasca rapat paripurna penutupan masa sidang. Belum diketahui berapa jumlah anggota yang akan pergi.

“Agar peristiwa kerusuhan Lapas di Tanjung Gusta Medan jangan sampai menginspirasi terjadinya kerusuhan yang sama di lapas-lapas lain,” tuturnya soal urgensi keberangkatan.

Martin menuturkan, belajar dari kejadian ini Kemenkum HAM perlu menarik pelajaran bagaimana mengatasi kerusuhan-kerusuhan di Lapas, terutama yang membludak jumlah tahanannya atau tak sebanding dengan daya tampung Lapas.

“Saya dengar kota Medan agak mencekam untuk ini diharapkan juga dukungan masyarakat untuk memberi informasi pada Polri apabila terdapat hal-hal yang mencurigakan terkait dengan kaburnya para tahanan,” ucap politisi Gerindra itu.

Kerusuhan dan pembakaran LP Tanjung Gusta oleh para napi terjadi pada Kamis (11/7/2013) pukul 18.30 WIB. Akibatnya sekitar 200 tahanan kabur, sebagian kini sudah ditangkap. Polisi hingga kini masih belum bisa masuk ke dalam LP yang dihuni oleh 2.000 lebih napi karena napi masih berupaya melakukan perlawanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya