SOLOPOS.COM - Penampakan Formulir Pendaftaran (panselnas.menpan.go.id)

Solopos.com, SOLO – Situs panselnas.menpan.go.id belakangan kembali bermasalah. Terpantau, pada jam-jam tertentu beberapa kali situs sulit diakses. Hal ini ditengarai karena pengakses menumpuk pada jam-jam tertentu.

Situs analisis Alexa mencatat lonjakan pengunjung yang sangat tajam bagi pengunjung situs panselnas.menpan.go.id. Dalam dua pekan, situs ini berhasil menembus 50 besar situs terlaris di Indonesia.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Catatan Alexa, Selasa (2/9/2014), situs ini berada di peringkat 36 dengan rataan pengunjung di atas 1 juta per-hari. Dengan pengakses situs 95% berasal dari  Indonesia. (Baca Juga: Pengunjung Situs Panselnas CPNS 2014 Capai 1 Juta Per Jam)

Pernyataan Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman bisa jadi gambaran. Dia menyebut setiap hari situs ini dikunjungi oleh 1 juta pengguna internet.

Dengan jumlah pengakses yang begitu besar, Panselnas telah membagi ke banyak portal. Panselnas menyediakan lebih dari tujuh portal untuk menghindari server down.

Hal ini berhasil di waktu-waktu tertentu. Pengakses dapat dengan lancar mengakses situs, meski dengan catatan, akses dilakukan di desktop bukan perangkat mobile. Namun di jam-jam tertentu, akses ke situs panselnas.menpan.go.id bisa sangat menjengkelkan. (Baca Juga: Ini Alasan Situs Panselnas CPNS Sulit Diakses)

Data Google Analytics mengisyaratkan pengakses intenet perlu melihat tren kunjungan jika ingin memperoleh akses internet yang stabil. Jika diperhatikan, kunjungan situs paling padat terjadi pada jam 11.00 WIB-17.30 WIB.

Kecenderungannya menurun dari pukul 18.00 WIB-24.00 WIB. Dan mulai sepi pengakses pada pukul 01.00 WIB-07.30 WIB. Pengakses akan kembali meningkat pada jam kantor 08.00 WIB-11.00 WIB.

Siklus ini berlaku pada hari Senin-Jumat. Sedangkan pengakses internet di hari Sabtu, apalagi Minggu akan bertumpuk pada pukul 10.00 WIB-17.00 WIB.

Google juga mencatat kunjungan paling ramai pada hari Selasa dan cenderung menurun pada akhir pekan. Minggu jadi hari paling “malas” untuk mengakses internet.

(Baca Juga: Banyak Situs Panselnas Abal-Abal, Peserta CPNS Diimbau Hati-Hati)

Jadi bagi pengakses dengan komputer pribadi disarankan untuk mengakses antara pukul 01.00 WIB-07.30 WIB. Sedangkan pengguna komputer dengan layanan warung internet sebaiknya mengakses pada 18.00 WIB-24.00 WIB.

Sedangkan pada jam 11.00 WIB-17.30 WIB disarankan untuk pengguna internet dengan akses yang cukup cepat. Hal ini untuk menghindari terjadinya server down sewaktu-waktu.

Sesuai saran Panselnas, tidak disarankan pengguna untuk memakai perangkat mobile seperti smartphone atau tablet untuk mengakses situs panselnas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya