SOLOPOS.COM - Simulasi CAT (menpan.go.id)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah akan memberlakukan sistem penerimaan CPNS 2014 berbeda dari sebelumnya. Lowongan CPNS akan dibuka dengan penggunaan sistem tes berbasis komputerisasi. Sistem bernama Computer Assisted Test (CAT) akan diperkenalkan dalam simulasi online 12 Agustus besok.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memperkenalkan sistem baru menggunakan CAT. Sistem ini juga terintegrasi dengan informasi mengenai CPNS.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Kemen PAN-RB sudah menggelar beberapa simulasi tes CAT di sejumlah daerah dan perguruan tinggi. Selain itu, Kemen PAN-RB juga akan menyelenggarakan simulasi CAT CPNS secara online yang dapat diakses oleh masyarakat menggunakan fasilitas internet.

Laman resmi Sekretariat Kabinet dan KemenPAN-RB telah merilis pengumuman simulasi CAT ini. Menurut rencana, peluncuran simulasi CAT secara online akan , bersamaan dengan sosialisasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 di Istora Senayan, Jakarta. Dalam kesempatan itu juga dilakukan simulasi CAT, serta diskusi bertajuk Seleksi CPNS Bersih, Profesional, dan Tanpa Korupsi (Berprestasi).

“Dengan demikian mereka tidak perlu repot-repot mengikuti rangkaian kegiatan roadshow simulasi tes CPNS dengan sistem  CAT ke sejumlah daerah, atau mengunduh apliaksi CAT di sejumlah situs yang berbayar. Sebab simulasi tidak dipungut biaya,” demikian ujar  Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Herman Suryatman seperti dikutip dair laman Setkab.go.id, Kamis (7/8/2014).

Panitia menuturkan simulasi CAT selalu diserbu oleh ribuan peminat, dan sebagian besar tidak tertampung. Dalam sehari, maksmial hanya bisa menampung 2.000 peserta.

Meskipun sudah dapat dilaksanakan secara online, simulasi CAT di beberapa kota juga masih akan digelar, terutama untuk daerah-daerah yang mengajukan permintaan. “Rencananya, sosialisasi juga akan diadakan lagi di Banda Aceh, Maluku, Papua, dan Tanjung Pinang. Namun jadwalnya masih dalam pembahasan,” imbuh Herman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya