SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengumuman manual formasi CPNS (Dok. Solopos)

Solopos.com, BANDARLAMPUNG —Kabupaten Pesisir Barat di Provinsi Lampung pada tahun anggaran 2013 kebagian jatah merekrut 400 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS). Jumlah itu diakui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Syarif Anwar terbanyak di antara jatah yang diterima pemerintah-pemerintah daerah lain di Lampung.

“Jumlah itu merupakan terbanyak dibandingkan formasi CPNSD untuk provinsi dan kabupaten/kota di daerah ini,” kata Syarif Anwar di Bandarlampung, Rabu (5/9/2013). Formasi pegawai baru yang dijatahkan pemerintah pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk Pesisir Barat itu terdiri atas tenaga guru, tenaga medis, dan tenaga teknis.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Tidak semua kabupaten dan kota di Provinsi Lampung mendapatkan formasi pengadaan CPNS 2013. Hal ini disebabkan beberapa daerah masih mengalokasikan lebih dari 60% APBD untuk belanja pegawai. Kabupaten dan kota itu, yakni Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Timur, Tulang Bawang Barat, dan Kota Bandarlampung.

Sementara kabupaten/kota dan instansi daerah yang mengalokasikan APBD di bawah 60% dipastikan mendapatkan jatah CPNSD, yakni Pemerintah Provinsi Lampung dengan jumlah 100 posisi, Pemerintah Kota Metro 30 posisi, Pemerintah Kabupaten Pesawaran 35 posisi, Pemerintah Kabupaten Tanggamus 40 posisi, Pemerintah Kabupaten Waykanan 35 posisi, Pemerintah Kabupaten Tulang 30 posisi, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat 50 posisi, dan Pemerintah Kabupaten Mesuji 220 posisi.

Ia mengharapkan panitia penerima CPNS di kabupaten/kota Provinsi Lampung bekerja dengan baik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku sehingga pelaksanaan penerimaannya harus berjalan dengan bersih, jujur, transparan, dan akuntabel. “Penerimaan CPNS di Lampung jangan sampai tercoreng oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan untuk bisa meloloskan menjadi PNS yang terjadi beberapa tahun lalu,” katanya.

Pegawai negeri sipil, dia harapkan mampu mewujudkan sosok aparatur yang tangguh, cerdas dan profesional sehingga mampu mendukung pelaksanaan program pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya