SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, KOTABARU — Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai pekan kedua September, menjadwalkan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013. Pada musim perekrutan CPNS ini, Kotabaru mendapatkan jatah 60 CPNS tenaga kesehatan, 94 CPNS guru, dan 17 CPNS tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotabaru H Slamet Riyadi, Rabu (4/9/2013), mengatakan berdasarkan hasil rapat di BKD Kalimantan Selatan terkait penerimaan CPNS itu diperkirakan dimulai pada Senin (9/9/2013) atau Selasa (10/9/2013). “Itupun apabila beberapa daerah di Kalsel yang saat ini belum menerima formasi CPNS sudah menerima formasinya pada Jumat (6/9/2013),” jelasnya.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Rencana pembukaan penerimaan CPNS tersebut, lanjut Slamet, akan dilakukan secara serempak di Provinsi Kalimantan Selatan. Kotabaru mendapatkan jatah 171 orang CPNS. Slamet mengemukakan syarat pendaftaran CPNS ini diperkirakan lebih mudah dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. “Kemungkinan besar pendaftaran tidak menggunakan syarat surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian, keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas, ataupun bebas narkoba,” ucapnya.

Akan tetapi untuk pendaftaran, ada kemungkinan cukup dengan syarat foto kopi ijazah terakhir, foto kopi identitas penduduk atau KTP, dan foto setengah badan. “Untuk kepastiannya menunggu petunjuk teknis dari Badan kepegawaian Nasional (BKN) atau dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan),” imbuh Kepala BKD.

Khusus untuk daerah-daerah maju, pelaksanaan tes dilakukan secara online, untuk memudahkan peserta tes. Namun bagi daerah yang belum siap, seperti Kotabaru, masih menggunakan tes secara manual. Meskipun manual, Kepala BKD menjamin seleksi CPNS di Kotabaru akan tetap dilaksanakan secara transparan dan bebas dari perjokian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya