SOLOPOS.COM - Tes CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT), di Jakarta, Minggu (29/9/2013). (Setkab.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tasdik Kinanto menegaskan tidak bakal adanya ruang permainan dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Penegasan itu ia kemukakan menyusul rasa prihatinnya dengan masih adanya warga yang percaya dengan calo CPNS.

Padahal, tegas Tasdik Kinanto sebagaimana dimuat laman resmi pemerintah Setkab.go.id, Senin (30/9/2013), pihaknya selalu mengimbau masyarakat agar tidak mempercayai siapa pun, termasuk oknum aparat yang mengaku bisa meloloskan menjadi CPNS dengan imbalan sejumlah uang. Sebelumnya diberitakan sejumlah media massa, Ombudsman RI Perwakilan Yogyakarta telah menerima laporan dari 11 korban percaloan CPNS dari Boyolali dan 18 orang dari Magelang, Jawa Tengah.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Disebutkan, tiga orang perekrut calon pegawai negeri di Magelang ada 3 orang, seorang melarikan diri, seorang ditahan, dan satu orang anggota polisi yang masih bertugas. Tidak tanggung-tanggung, ke-18 korban itu membayar Rp35 juta hingga Rp260 juta. Untuk lulusan SMA Rp150 juta, untuk lulusan S1 dimintai Rp175 juta. Untuk mutasi pegawai Rp30 juta. Perekrut itu juga menawarkan kucuran usaha dengan rata-rata pembayaran Rp50 juta, serta untuk pembelian mobil bekas pelat merah antara Rp40 juta hingga Rp220 juta. Total uang yang disetorkan ke sindikat calo pegawai negeri dan lainnya dari ke-18 korban itu mencapai Rp2,664 miliar.

“Sekarang sudah tidak jamannya lagi cara-cara seperti itu. Saya prihatin, masih saja ada yang percaya dengan bujuk rayu calo, yang sebenarnya mereka tidak punya akses sama sekali. Termasuk saya pun tidak punya akses ke sana,” ujar Tasdik yang ditemui Bagian Humas Kementerian PAN-RB di sela-sela tes CPNS Kementerian PAN-RB dengan sistem computer assisted test (CAT), di Jakarta, Minggu (29/9/2013).

Tasdik menegaskan, dengan reformasi sistem seleksi CPNS, sudah tak ada lagi ruang bagi permainan penerimaan CPNS. “Semua obyektif, transparan, bebas dari KKN, tidak ada pungutan, sehingga yang lulus hanya orang yang berhasil mengerjakan soal tes dengan nilai tinggi, dan mememnuhi passing grade,” tegas Tasdik berulang-ulang.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Asik, Bupati Klaten Pastikan bakal Ada Timnas Indonesia U-23 di Alun-alun

Asik, Bupati Klaten Pastikan bakal Ada Timnas Indonesia U-23 di Alun-alun
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Sabtu, 27 April 2024 - 18:48 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani, memastikan bakal digelar nonton bareng (nobar) laga semifinal Piala Asia U-23 yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Uzbekistan, Senin (29/4/2024) malam. Alun-alun Klaten bakal menjadi lokasi nobar.

Mulyani menjelaskan nobar digelar menanggapi tingginya animo warga Klaten. “Iya ada. Rencana di Alun-alun. Banyak permintaan dari pecinta sepak bola dan anak muda agar disiapkan nobar,” kata Mulyani saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (27/4/2024).

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, juga menjelaskan bakal disiapkan lokasi Nobar semifinal Piala Asia U-23 di Alun-alun Klaten. Nobar itu digelar kolaborasi dengan Polres Klaten.

Koran Solopos

Nugroho mengajak warga yang bakal berdatangan ke lokasi nobar bisa ikut menjaga keamanan dan ketertiban. Nugroho juga mengajak seluruh pihak yang datang bisa ikut menjaga kebersihan kawasan alun-alun.

Timnas Indonesia mencetak sejarah dengan sukses melaju ke semifinal Piala Asia U-23 setelah menaklukkan Korea Selatan lewat babak adu penalti. Sebelumnya, pada fase grup sekuat Garuda Muda ini berhasil menjadi runner up Grup A dan melaju ke perempat final.

Sebelum melaju ke semifinal,  Timnas Indonesia bertemu dengan Korea Selatan. Penampilan apik skuat U-23 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong mengantarkan raksasa sepak bola Asia pulang lebih awal melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 setelah bermain imbang 2-2 hingga peluit akhir berbunyi. Di semifinal, Indonesia bertemu dengan Uzbekistan setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0.

Emagazine Solopos

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Produk Jamu Air Mancur Laris Manis di Pasar Ekspor

Produk Jamu Air Mancur Laris Manis di Pasar Ekspor
author
Rohmah Ermawati Sabtu, 27 April 2024 - 18:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Direktur Utama Air Mancur, Lim Soeyantho (kiri), dan Direktur Air Mancur, Arief Effendy, memberikan keterangan seusai perayaan HUT ke-60 Air Mancur bertajuk Inspirasi Sehat dari Generasi ke Generasi, M Bloc Space, Jakarta, Sabtu (27/4/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, JAKARTA–Tidak hanya eksis di pasar domestik, produk Air Mancur sebagai bagian perusahaan Combiphar juga laris manis di pasar ekspor.

Direktur Utama Air Mancur, Lim Soeyantho, mengaku telah menjalin kerja sama ekspor ke Taiwan sejak 15 tahun yang lalu.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Kami ada ekspor ke Taiwan, dan di Taiwan ini produknya dari tanaman di Indonesia. Tapi memang mereka rebranding dan ini cukup besar di Taiwan,” papar Lim seusai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Air Mancur bertajuk Inspirasi Sehat dari Generasi ke Generasi, di M Bloc Space, Jakarta, Sabtu (27/4/2024).

Kerja sama yang telah terjalin selama belasan tahun ini, menurut Lim, menunjukkan kepercayaan terhadap produk herbal dari Air Mancur tidak hanya berasal dari masyarakat Indonesia, tetapi juga dari masyarakat luar negeri.

Koran Solopos

Lim menambahkan kerja sama ini akan terus berjalan secara kontinu serta menambah produk lainnya. Salah satu produk yang diminati adalah produk jamu bersalin. Ke depan, pihaknya mengaku juga bakal membidik negara lain, seperti Malaysia.

Direktur Air Mancur, Arief Effendy, mengaku tengah menyiapkan beragam inovasi untuk menjadikan produk Air Mancur lebih relevan dan berkhasiat. Tentunya, dengan produk herbal sebagai komposisi utama.

“Dengan itu kami berharap, kami bisa lebih mendominasi enggak cuman pasar domestik tapi juga ke pasar internasional,” tambahnya.

Emagazine Solopos

President Director Combiphar Group, Michael Wanandi, menjelaskan salah satu strategi untuk menyasar pasar internasional adalah dengan meningkatkan kualitas produk.

“Bagaimana Indonesia, generasi kita sendiri yakin juga terhadap ramuan jamu ini. Baru kalau kita sudah yakin, kami bisa mengeluarkan ini [produk] di Indonesia. Kami tentunya berharap generasi milenial bisa mengonsumsi, mengubah image dan kami akan mengembangkan produk-produk yang lebih relevan, dan tentunya menjaga kualitasnya,” paparnya.

Pihaknya mengaku getol meningkatkan awareness produk herbal di media sosial, sehingga konsumsi kepada jamu bisa meningkat.

Interaktif Solopos

Sebagai informasi, Air Mancur Group merupakan salah satu produsen jamu di Indonesia yang memproduksi produk herbal dan jamu yang tersertifikasi oleh BPOM dan Halal.

Air Mancur Group berkomitmen untuk terus melestarikan warisan alam melalui obat tradisional dan jamu-jamuan melalui inovasi yang berkelanjutan yang didukung oleh keunggulan operasional yang dibuktikan dengan sertifikasi halal, GMP, ISO 9001:2015, CPOTB.

Pada Desember 2019, Combiphar, salah satu perusahaan dalam industri kesehatan dan farmasi di Indonesia, mengakuisisi Air Mancur yang berdiri sejak 1963.



Akuisisi tersebut membuat transformasi Air Mancur dari jamu tradisional yang dulunya dikelola secara konvensional menjadi dikelola secara modern dengan teknologi modern di pabriknya yang berlokasi di Palur, Karanganyar, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Papan Reklame Fly Over Palur Karanganyar Ikut Ambruk, Sempat Kenai Mobil

Papan Reklame Fly Over Palur Karanganyar Ikut Ambruk, Sempat Kenai Mobil
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Sabtu, 27 April 2024 - 18:35 WIB
share
SOLOPOS.COM - Reklame di Jalan Raya Solo-Tawangmangu tepatnya di depan Cafe Blackbird Flyover Palur Karanganyar ambruk pada Sabtu (27/4/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Selain pohon tumbang, hujan dan angin kencang yang menerjang wilayah Jaten, Kabupaten Karanganyar juga membuat papan reklame di jalan Solo-Tawangmangu tepatnya depan Black Bird Cafe flyover Palur ambruk pada Sabtu (27-4-2024) sore.

Papan reklame ini sempat menimpa satu unit mobil. Namun kondisinya hanya mengalami lecet bodi mobil tersebut.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Juru parkir di lokasi kejadian, Ardilis, mengatakan papan reklame itu ambruk sekitar pukul 16.30 WIB. Saat itu di bawah reklame terdapat satu unit mobil yang tengah terparkir. Beruntung reklame yang ambruk hanya menimpa sebagian mobil tersebut.

“Tidak ada korban. Mobilnya hanya lecet sedikit. Dan sudah pergi tadi,” kata dia.

Koran Solopos

Dia mengatakan reklame itu roboh diduga karena sudah karatan. Sebelum roboh, papan reklame kosong ini patah hingga akhirnya roboh saat terjangan hujan dan angin kencang.

Ketua Relawan Jaten, Tri Anggar S. mengatakan membantu ikut mengamankan arus lalu lintas. Hal ini karena banyaknya pengguna jalan yang berhenti untuk mengambil video maupun foto.

“Saya arahkan pengguna jalan ini jalan terus. Jangan berhenti, karena menghambat lalu lintas,” katanya.

Emagazine Solopos

Sebelumnya diberitakan hujan disertai angin kencang menerjang wilayah Jaten, Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (27/4/2024) sore. Kondisi ini membuat sejumlah pohon dilaporkan tumbang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pohon tumbang ada di jalan Terminal Palur, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten. Pohon tumbang melintang hingga memutus akses jalan tersebut.

Armada bus yang hendak masuk ke arah Terminal Palur harus dialihkan melalui jalur lain. Hingga kini proses evakuasi pohon tumbang masih berjalan.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories