SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TEMANGGUNG- Tanah longsor menimpa dua rumah di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kasi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Eko Suprapto di Temanggung, Senin (13/2/2012) mengatakan, dua rumah yang tertimpa tanah longsor tersebut berada di dua tempat yang berbeda di Desa Kalimanggis.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ia menyebutkan, kejadian longsor pertama, Minggu (12/2) siang, menimpa rumah Riyanto warga Dusun Lamuk, Desa Kalimanggis dan kejadian longsor lainnya terjadi, Minggu (12/2) malam, menimpa rumah Maryatun di Dusun Jurang, Desa Kalimanggis.

Eko menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan kerugian diperkirakan sekitar Rp40 juta.

“Hujan deras mengguyur di daerah tersebut pada Minggu sehingga mengakibatkan longsor,” katanya.

Ia mengatakan, rumah Riyanto rusak berat, sekitar 80 persen bangunan rumah tertimbun tanah akibat tebing setinggi lima meter di belakang rumah longsor, sedangkan rumah Maryatun rusak di bagian dapur.

Menurut dia, Desa Kalimanggis pada saat kemarau menjadi langganan kekeringan dan waktu musim hujan menjadi langganan longsor karena kondisi geografis di kawasan perbukitan.

Ia mengatakan, pada Januari – Februari 2012 di Temanggung tercatat lima kasus tanah longsor, 15 kasus angin kencang, dan lima kasus kebakatan. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya