SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Masyarakat Solo dikejutkan dengan mati listrik total alias black out yang terjadi Selasa (17/7/2012) hampir sejam, mulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.04 WIB. Gara-gara black out tersebut lampu lalu lintas, seperti di traffic light perempatan Manahan yang mati total, sehingga arus kendaraan bermotor dari empat arah tidak teratur.

Mati listrik merata se-Kota Solo, tepatnya dari kawasan Pucangsawit hingga Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Di sisi utara, mati listrik total terjadi mulai Nusukan dan terus ke selatan sampai kawasan Gading. Mati listrik juga merambah Bandara Adi Soemarmo yang berada di bawah suplai Gardu Induk (GI) Jajar dan Hotel Lorin yang kebetulan menjadi tempat menginap pejabat negara dalam rangka menghadiri Harlah ke-78 Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Pejabat Humas PLN APJ Surakarta, Suharmanto, mengungkapkan black out pada Selasa pagi belum diketahui sebabnya. Namun, mati listrik total ini dipastikan berasal dari gangguan transmisi 150 KV. Transmisi ini yang mensuplai listrik ke GI Jajar dan GI Mangkunegaran, yang Selasa pagi mati.

“Transmisi 150 KV ditangani Semarang, kalau 20 KV mungkin kami bisa langsung menyampaikan apa penyebabnya,” terang Suharmanto, saat ditemui wartawan, di kantornya, Selasa (17/7).

Kendati black out terjadi cukup lama, dia memastikan lokasi-lokasi kritis sesaat setelah listrik mati segera mendapat suplai dari GI Banyudono. Suplai listrik dari GI Banyudono disalurkan ke Bandara Adi Soemarmo dan Hotel Lorin tempat kegiatan kenegaraan dihelat. Sedangkan lokasi lain, seperti stasiun, terminal, hotel, dan pusat perbelanjaan disarankan menggunakan genset. “Masing-masing instansi punya genset untuk cadangan. Mereka bisa gunakan itu.”

Sementara itu, sekitar pukul 10.04 WIB listrik mulai menyala. Suharmanto memastikan pada jam tersebut pihak PLN Semarang telah menginstruksikan untuk menghidupkan secara bertahap titik-titik yang sebelumnya mati listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya