SOLOPOS.COM - Logo Hari Guru Nasional 2023. (Kemdikbud)

Solopos.com, SOLO — Dalam memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2023, Kemendikbud telah merilis logo dan temanya yang juga bisa di-download oleh masyarakat.

Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI (Kepres) 78/1994. Dalam aturan tersebut diputuskan 25 November merupakan Hari Guru Nasional.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Bukan hanya sebagai Hari Guru Nasional, 25 November juga diperingati sebagai HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Berdasarkan sejarahnya, PGRI terbentuk pada 25 November 1945 dan digagas oleh Rh. Koesna, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang.

Pada tahun ini, Kemdikbud juga telah merilis tema dan logo Hari Guru Nasional yang diperingati pada Sabtu, 25 November 2023 dan tertuang dalam Surat Mendikbudristek Nomor 3697/MPK.A/TU.02.03/2023. Dalam surat tersebut, Haru Guru Nasional pada 2023 bertemakan Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.

Senda dengan tema, logo Hari Guru Nasional 2023 memadukan elemen-elemen desain yang terdiri dari figur Pak Guru, Ibu Guru, serta siswa-siswi yang terlihat dinamis serta ceria dalam menjalankan pembelajaran.

Selain itu, ada juga unsur pemanfaatan teknologi yang digambarkan dengan simbol Wifi, laptop, gadget, dan aplikasi Zoom. Terakhir, ada bentuk hati yang menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, peserta didik, hingga orang tua.

Namun, dalam penggunaan logo Hari Guru Nasional yang diperingati 25 November 2023 terdapat panduannya. Ada beberapa ketentuan yang harus ditaati, termasuk tidak melakukan empat poin berikut ini.

  1. Mengubah susunana warna logo.
  2. Memperbesar logotype saja atau sebaliknya.
  3. Mengubah font logotype.
  4. Mengubah proporsi logo.

Bagi masyarakat yang ingin download logo Hari Guru Nasional 2023, bisa mengklik link berikut ini https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/10/pedoman-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2023. Selain itu, Anda juga bisa langsung klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya