SOLOPOS.COM - KA Madiun Jaya (Dok/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Liburan sekolah mendongkrak pemesaran tiket kereta api (KA) ekonomi. Selain Jakarta, tiket KA ke Surabaya dan Bandung ludes hingga Sabtu (4/1/2014) mendatang. Apa saja tiket KA yang sudah habis terpesan?

Wakil Kepala Stasiun Jebres, Slamet Triyanto, membenarkan kondisi. Dia mengatakan tiket KA reguler kelas ekonomi dan ekonomi AC ludes sejak Selasa (24/12) hingga Selasa (7/1). Bahkan tiket KA tambahan, Senja Bengawan, pun ludes hingga Selasa (7/1/2014).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Demikian hal tiket KA tujuan Bandung dan Surabaya rata-rata habis hingga Sabtu (4/1/2014). Namun Slamet enggan menyampaikan prediksi lonjakan penumpang KA jarak jauh karena jumlah penumpang dibatasi sesuai tempat duduk.

“Tiket kereta ke Jakarta dan Bandung rata-rata habis sampai tanggal 7 Januari. Kalau Surabaya sampai tanggal 4 Januari. KA enggak seperti dulu karena sekarang ada kuota. Ada lonjakan dalam arti tempat duduk habis,” kata Slamet saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (25/12/2013).

Hal senada disampaikan Kepala Stasiun Balapan, Bakti Sulistyo, didampingi Asisten Manager Pemasaran Angkutan Penumpang, Heru Hartanto. Bakti menyodorkan data pemesanan tiket hingga Rabu (25/12) pukul 08.00 WIB.

Tiket KA reguler kelas bisnis dan eksekutif tujuan Jakarta untuk Kamis (26/12) hingga Minggu (5/1/2014) ludes. Tiket KA Lodaya tujuan Bandung sejak Minggu (29/12/2014) hingga Kamis (2/1) pun ludes. Sedangkan tiket KA tujuan Surabaya masih dilayani untuk semua tanggal. Bakti memaparkan KA tambahan akan diadakan sesuai kebutuhan dan bersifat mendesak apabila permintaan banyak.

“Ketersediaan tiket berubah sewaktu-waktu. Lonjakan 2 persen dari tahun lalu karena kereta tambahan. Kami prediksi penumpang masih tinggi setelah tanggal 7. Kereta tambahan mungkin ada yang tidak tersiarkan karena melihat permintaan,” tutur Bakti saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya