SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA—Libur panjang akhir pekan ini memberikan angin segar bagi industri perhotelan dengan peningkatan tingkat hunian di atas 80%.

Manajer Sambi Resort and Spa, Anita Wardhani mengatakan sampai Kamis (27/3/2014), okupansi di hotel yang dikelolanya mencapai 85% dari 29-31 Maret 2014. Rata-rata tamu merupakan keluarga yang ingin berlibur.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Tamu yang menginap sudah melakukan pemesanan jauh hari dan mayoritas datang bersama keluarga. Tamu kebanyakan dari luar Jogja, seperti Semarang dan Jakarta,” papar dia, Kamis (27/3/2014).

Lebih jauh ia mengatakan tamu yang datang bersama keluarga umumnya juga berwisata. Adapun lokasi yang dituju merupakan objek wisata di sekitar Sambi Resort and Spa seperti melakukan lava tour, berkunjung kebun naga maupun sekadar bersepeda keliling desa.

Khusus bagi tamu yang melakukan reservasi dua minggu sebelum kedatangan, Sambi Resort and Spa memberikan diskon 35% untuk seluruh kamar. Potongan harga ini tidak berlaku mendekati hari kunjungan.

Public Relation Hotel Grand Zuri Jogja, Lidwina Dinta Pramutyas menyatakan hal serupa. Kenaikan okupansi ini sudah terjadi sejak Senin (24/3/2014).

“Kami fully booked. Mulai Senin [24/3/2014] tamu yang datang MICE [Meeting, Incentive, Convention and Exhibition], pada 29-30 Maret tamu FIT [Free Independent Traveler] dan family,” ungkapnya.

Dari jenis tamu tersebut, Dinta mengatakan mayoritas tamu juga berwisata ke sejumlah objek wisata di sekitar Jogja. Hanya ia tidak mengetahui pasti tujuan wisata tersebut.

Sebab wisata ini dikoordinir langsung biro wisata.
Mengenai aktivitas Gunung Merapi yang mengeluarkan suara gemuruh, asap putih dan hujan pasir pada Kamis (27/3/2014) siang, ia menyampaikan sampai sejauh ini belum ada calon tamu yang mempertanyakan kondisi tersebut.

“Belum ada yang tanya atau membatalkan. Semoga tidak terjadi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya