SOLOPOS.COM - Para siswa SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang khusyuk menjalankan ibadah salat sunnah gerhana di masjid sekolah, Rabu (9/3/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Solopos.com, SOLO–Sekolah jenjang SD dan SMP negeri di Solo libur awal Ramadan dan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar atau KBM, Senin (27/3/2023).

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Abi Satoto, menjelaskan siswa sudah libur sejak hari raya Nyepi, Rabu (23/3/2023). 

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Pada 22 Maret 2023 libur Hari Suci Nyepi, 23 Maret 2023 Libur Cuti bersama Hari Suci Nyepi, dan 24 Maret 2023 libur awal puasa untuk peserta didik,” kata Abi kepada Solopos.com, Kamis (24/3/2023).

Sementara itu Kepala SMPN 21 Solo, Mulyono, mengatakan sekolahnya saat ini masih libur awal puasa. Peserta didik diarahkan untuk ibadah di rumah masing-masing dengan pengawasan orang tua. 

“Masih cuti. Untuk ASN besok sudah masuk. Tetapi untuk siswa masih libur awal puasa dan mulai pembelajaran Senin 27 Maret 2023,” kata dia.

Hal serupa disampaikan Kepala SMPN 7 Solo, Siti Latifah yang mengatakan saat ini siswanya fokus melakukan ibadah puasa di rumah masing-masing. Dia mengatakan KBM akan kembali berjalan pada Senin mendatang.

Ifah, sapaannya, mengatakan ketika proses pembelajaran kembali masuk, siswa akan lebih banyak dibimbing melakukan ibadah. Dia mengatakan jadwal ibadah tersebut akan digilir, ada yang di rumah dan ada yang di sekolah.

“Jadi siswa kelas 7, 8, dan 9 setiap Senin sampai Kamis bergantian [melakukan ibadah Salat Zuhur] untuk memudahkan guru dalam mengatur, terkhusus yang beragama Islam karena Salat Zuhur berjamaah dilanjutkan kultum,” terang dia.

Ifah melanjutkan khusus Jumat ibadah diadakan di pagi hari. Dia mengajak siswa yang beragama Islam untuk melakukan ibadah Salat Duha dua rakaat. Tujuannya agar siswa terbiasa dan bisa melanjutkan kebiasaan tersebut.

“Siswa yang beragama Islam kelas 7,8, dan 9 diajak untuk Salat Dhuha bersama dilanjutkan dengan tausiah. Lalu yang beragama Kristen dan Katolik mengikuti kerohanian di aula sekolah,” lanjut dia.

Dia mengatakan karena pembelajaran dimulai Senin, pihaknya akan menjadwalkan program pembiasaan selama Ramadan, Selasa (28/3/2023). “Karena siswa baru masuk besok Senin, maka jadwal kami yang ibadah di sekolah mulai Selasa itu kelas 7, Rabu kelas 8, dan kamis kelas 9,” tutup dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya