SOLOPOS.COM - PImpinan KPK Alexander Marwata (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan banyak pejabat dan penyelenggara negara memiliki kekayaan tidak wajar.

Salah satu indikasinya adalah mereka memiliki rumah di Pondok Indah. KPK menilai kondisi itu tidak sesuai dengan penghasilan sebagai pejabat negara.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, mengungkapkan banyak pejabat negara memiliki kekayaan tidak wajar. Alex menyampaikan hal tersebut merespons pertanyaan wartawan ihwal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

LHKPN Ferdy Sambo tidak ditemukan di laman elhkpn.kpk.go.id. “Banyak pejabat negara yang punya kekayaan negara enggak wajar,” kata Alex saat dikutip Senin (12/12/2022).

Dia menjelaskan bahwa banyak penyelenggara negara memiliki rumah di Pondok Indah. Dia juga menyinggung tentang penghasilan pejabat negara yang memiliki rumah di sana.

Baca Juga : Astaga! 95 Persen Laporan Kekayaan Pejabat Negara Tak Sesuai Fakta

“Kalian semua juga tahu. Siapa saja yang punya rumah di Pondok Indah. Siapa saja pejabat negara yang punya rumah di situ. Kan gaji penghasilan penyelenggara negara, pejabat negara itu terukur,” kata Alex.

Di sisi lain, Alex mengakui para pejabat dan penyelenggara negara yang memiliki harta berlebih itu mungkin karena memiliki bisnis di luar jabatannya.

“[Bisa saja] punya penghasilan di luar [pekerjaannya sebagai] penyelenggara negara atau aset atau dia punya bisnis yang lain tentu harus diungkapkan. Bisnis apa? Penghasilannya berapa?” ujar Alex.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul KPK: Banyak Pejabat Negara Punya Harta Tidak Wajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya