SOLOPOS.COM - Laman pendirian sekolah secara online yang dikembangkan Disdik Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo meluncurkan Portal Layanan Informasi dan Bimbingan Urusan Perizinan atau Polibuperi guna mempermudah mengurus pendirian sekolah.

Kepala Seksi Pengembangan Kurikulum dan Pengendalian Perizinan Disdik Solo, Mona Raguan, mengatakan Polibuperi merupakan linktree atau tautan online yang berisi persyaratan pengusulan satuan pendidikan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Mona menyebut secara khusus Polibuperi ditujukan untuk masyarakat yang ingin mengurus perizinan pendirian sekolah.

Dia mengatakan portal layanan ini disusun dengan prinsip integrasi informasi. Dengan begitu, Mona berharap masyarakat bisa mendapatkan seluruh informasi dan bantuan yang diperlukan. 

“Di dalam portal ini semua yang berkaitan dengan perizinan itu sudah bisa ditemukan di satu laman. Jadi tidak perlu cari-cari ke website, cukup dari laman terpadu sudah bisa dilihat,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (22/8/2023).

Dia mengatakan tautan portal itu secara spesifik memang untuk perizinan sekolah dan lebih khusus lagi pendirian sekolah oleh masyarakat. “Masyarakat kan boleh mendirikan satuan pendidikan dan memang didorong pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” kata dia.

Terlebih, dia mengakui masyarakat masih awam terkait birokrasi yang berlaku di pemerintahan, terkhusus terkait perizinan sekolah. Dia menyebut di dalam portal tersebut juga sudah ada kontak yang sewaktu-waktu bisa dihubungi jika menemui kesulitan.

“Kalau sistem sebelumnya masyarakat harus datang ke dinas, harus bertanya dan tetap muka, kadang juga petugas tidak ada, secara efisiensi waktu dan biaya jelas lebih boros,” kata dia.

Pihaknya ingin mempermudah masyarakat untuk bisa mengetahui dan mengusulkan perizinan pendirian sekolah hanya dengan satu tautan saja. 

Masyarakat bisa mengakses Polibuperi melalui tautan https://linktr.ee/poli_bu_peri.disdiksurakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya