SOLOPOS.COM - Haji Indonesia memanjatkan doa saat wukuf di Arafah, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

Solopos.com, MAKKAH — Lebih dari 1,8 juta orang dari seluruh dunia pada Sabtu (15/6) berkumpul di Gunung Arafah di wilayah barat Arab Saudi untuk mulai melaksanakan ibadah haji tahunan, menurut pengumuman Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Dilansir Antara, Minggu (16/6/2024), dalam sebuah jumpa pers, Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah mengatakan jemaah mulai berkumpul di Arafah, ritual penting dalam ibadah haji yang berlangsung selama enam hari.

Promosi BRI Dorong Pemasaran Aset Bermasalah Melalui Platform Digital

Dia juga mengatakan jumlah total calon haji tahun ini (atau 1445 H) mencapai lebih dari 1,8 juta orang, termasuk 221.854 dari wilayah kerajaan tersebut. jemaah berdatangan di Arab Saudi dari 200 lebih negara, kata Al-Rabiah.

Dalam data terkait, Otoritas Umum Statistik Saudi mengatakan jumlah calon haji laki-laki mencapai 958.137, sementara anggota jemaah perempuan berjumlah total 875.027.

Sebanyak 22,3 persen dari total jemaah tersebut berasal dari negara-negara Arab, 63,3 persen dari negara-negara Asia non-Arab, dan 11,3 persen dari negara-negara Afrika non-Arab.

Jemaah dari Eropa, Amerika, Australia, dan negara-negara lain yang tidak disebutkan jumlahnya sebesar 3,2 persen dari total calon haji.

Mengenai rute kedatangan anggota jemaah calon haji dari luar kerajaan, sebanyak 1.546.345 tiba melalui jalur udara, 60.253 melalui jalur darat, dan 4.714 melalui jalur laut, menurut sumber yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya