SOLOPOS.COM - Bengkel (dok)

Bengkel (dok)

Solo (Solopos.com)--Sejumlah bengkel resmi sepeda motor dan mobil tetap buka untuk melayani kustomer selama momen Lebaran, kendati sebagian besar instansi pemerintah dan swasta memilih tutup.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Hal tersebut dilakukan untuk melayani pelanggan yang membutuhkan layanan servis, terutama bagi mereka yang baru saja menggunakan kendaraan untuk perjalanan jauh mudik. Bengkel resmi Honda Kurnia Kasih misalnya, membuka layanan mulai Kamis (1/9/2011), dengan layanan terbatas. Manager Bagian Servis Honda Kurnia Kasih, Wahyudi, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (31/8/2011), mengungkapkan layanan servis ditutup total pada Selasa-Rabu (30-31/8). Layanan dibuka kembali pada Kamis ini, dengan layanan terbatas.

Dikatakan terbatas, sebab bengkel hanya mampu melayani sekitar sepertiga dari kapasitas total bengkel, sebanyak 60-an unit sepeda motor/hari. Jam buka tetap sama, 08.00-16.00 WIB. “Dari delapan orang mekanik yang di hari biasanya ada, selama tiga hari, Kamis-Sabtu (1-3/9), kita hanya pakai tiga orang mekanik. Jadi sistemnya diberlakukan piket,” jelas Wahyudi.

Menurut Wahyudi tren perilaku masyarakat selama momen Lebaran cenderung tidak berubah. Sebelum hari Lebaran, masyarakat akan berbondong-bondong ke bengkel untuk menyervis kendaraan mereka. Hal itu terlihat dari banyaknya permintaan servis beberapa hari sebelum Lebaran. Apalagi saat ini pihaknya mempunyai program servis gratis bagi Honda matik untuk semua tahun pembuatan. “Saking banyaknya peminat, sampai-sampai pukul 08.30 WIB antrean kendaraan servis telah ditutup,” kisahnya.

Layanan servis di Diler Yamaha Sumber Baru Rezeki (SBR) juga buka pada H+2 Lebaran. Kepala Toko SBR Sraten, Denny Apriyanto Santosa, menjelaskan pada Jumat (2/9/2011) layanan servis mulai dibuka. Pihaknya mempersiapkan teknisi lengkap pada hari tersebut. Bengkel buka karena biasanya pasca-Lebaran masyarakat merasa perlu menyerviskan kendaraan mereka. “Setelah dipakai mudik, perjalanan jauh, sepeda motor perlu diservis. Karenanya kami buka layanan servis lebih cepat. Sengaja tidak pas hari Lebaran sebab biasanya saat itu sangat sedikit peminat,” ujar dia.

Sementara itu, Service Manager Nasmoco Slamet Riyadi, diler resmi Toyota, Muhammad Heru S, juga mengaku akan tetap buka selama masa Lebaran. Hal itu, kata dia, untuk memberikan layanan penuh kepada pelanggan. “Selama Lebaran kami tidak tutup, kami buka sepanjang waktu, walaupun Lebaran.”

(tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya