SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google.img)

Ilustrasi (google.img)

SOLO—Operator seluler Telkomsel merilis kenaikan trafik layanan data atau broadband serta layanan Blackberry melonjak tajam pada puncak libur Lebaran, Minggu (19/8).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Pihak operator pun mengaku telah sukses mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi tersebut. Dari data yang diterima Solopos.com, telah terjadi kenaikan trafik layanan data atau broadband dari pengguna Telkomsel hingga lebih dari 55% atau mencapai 157 terabyte. Sementara, layanan BlackBerry melonjak signifikan hingga 226% dibanding Idul Fitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps.

Secara nasional, wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga kenaikan 152% khususnya di Kota Tegal dan daerah sekitarnya yang meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen hingga Cilacap.

Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169% dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS. Sementara, layanan short massage service (SMS) dan voice juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 miliar SMS terkirim dengan kenaikan sebesar 25% dibanding hari normal, dan 1,28 miliar menit suara terhubung dengan angka kenaikan 24% dibanding Lebaran sebelumnya.

POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra mengatakan kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performa yang sangat baik. “Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau pada hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan,” kata dia, dalam keterangan pers yang diterima Solopos.com, Kamis (23/8/2012).

Sementara itu, lanjut Ricardo, hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat yang meliputi, Padang, Pariaman, Bukit Tinggi. Di wilayah tersebut, lonjakan trafik mencapai 72% dari hari normal. Sementara, untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154% dari hari normal.

Ricardo mengklaim tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan kesuksesan pengiriman SMS atau global delivery rate mencapai 99,82%. “Sementara, untuk kesuksesan panggilan suara atau call success rate mencapai 97,62 persen,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya