SOLOPOS.COM - Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto detikcom)

Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto detikcom)

JAKARTA- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar melarang tenaga kerja asing untuk menduduki posisi chief executive officer (CEO) di perusahaan yang berkedudukan di Indonesia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 40 Tahun 2012 tentang jabatan-jabatan tertentu yang dilarang diduduki tenaga kerja asing. Keputusan ini diteken Muhaimin 29 Februari 2012.

“Jabatan-jabatan tertentu yang dilarang diduduki Tenaga Kerja Asing sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan Menteri ini,” ujar Muhaimin dalam keputusan tersebut yang dikutip, Sabtu (10/3/2012).

Pada keputusan itu tidak disebutkan apa alasan pemerintah melarang tenaga kerja asing untuk menduduki posisi CEO dari perusahaan yang berkedudukan di Indonesia.

Peraturan ini berlaku sejak 29 Februari 2012 saat ditandatangani oleh Muhaimin.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Politikus Nasdem jadi yang Pertama Kembalikan Formulir ke PDIP Salatiga

Politikus Nasdem jadi yang Pertama Kembalikan Formulir ke PDIP Salatiga
author
Imam Yuda Saputra Kamis, 16 Mei 2024 - 14:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Politikus Nasdem dan pengusaha Dandan Febri Herdiana (empat dari kiri) saat menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Wali Kota Salatiga ke Kantor DPC PDIP Kota Salatiga, Kamis (16/5/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem Jawa Tengah (Jateng), Dandan Febri Herdiana, menjadi orang pertama yang mengembalikan formular pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwalkot Salatiga 2024 di Kantor DPC PDIP Kota Salatiga, Kamis (16/5/2024).

Pengusaha yang juga politikus Nasdem itu mengaku sengaja memilih mengembalikan berkas formulir lebih awal. Pengembalian formulir itu pun menjadi bentuk keseriusan Dandan untuk mengikuti kontestasi Pilkada Kota Salatiga.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Saya juga sudah berkoordinasi dengan Ketua DPC PDIP [Salatiga]. Ini [pengembalian formulir] bentuk keseriusan saya mendaftar ke PDIP, karena kalau tidak mengembalikan [formulir] dianggap batal,” ujar Danda Herdiana di Kantor DPC PDIP Kota Salatiga, Kamis.

Dikatakan, dalam proses pengembalian formulir pencalonan lewat PDIP disebut lengkap dengan rencana visi dan misi yang akan dikerjakan jika terpilih menjadi wali kota atau wakil wali kota Salatiga. Dandan menyebutkan, secara garis besar mengusung visi dan misi Kota Salatiga Setara. Yang mana, Setara merupakan akronim dari smart, toleran, dan sejahtera.

Koran Solopos

“Walau visi misi aslinya ada di Wali Kota, karena saya ambil formulir wakil [wali kota]. Tapi, minimal itu (Setara) konsep besar saya. Saya melihat masih ada problem kemiskinan, dan tidak ada bangunan monumental dengan Salatiga sebagai sebuah kota,” katanya.

Pihaknya mengaku sebagai sebuah kota idealnya Salatiga memiliki suatu bangunan monumental. Kemudian, Kota Salatiga bisa setara dengan Kabupaten/Kota di sekitarnya dengan APBD yang dimiliki.

Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem Jateng itu menjelaskan, problem kemiskinan dijumpai karena perusahaan miliknya seringkali menerima proposal permohonan bantuan sosial. “Saya merapat ke PDIP juga karena latar belakang keluarga ada sejarah panjang. Tapi, saya hormati keputusan DPP PDIP. Secara personal saya juga sering diskusi dengan tokoh senior PDIP mulai Teddy Sulistyo dan Dance Ishak Palit, ada kesamaan visi,” ujarnya.

Emagazine Solopos

Ketua Tim Penjaringan dan Pendaftaran DPC PDIP Salatiga, Bagas Aryanto, menerangkan seusai pengembalian berkas pendaftaran calon masing-masing akan dilakukan penelitian kelengkapan dan selanjutnya dikirimkan ke DPP PDIP di Jakarta.

Bagas melanjutkan soal penerimaan pendaftaran bacalon atas nama Dandan Febri Herdiana lebih awal sesuai persetujuan Ketua DPC PDIP dan tim penjaringan dengan mempertimbangkan alasan kuat kandidat.

“Memang tahapan pengembalian baru akan dimulai pada 17-19 Mei. Tapi, soal Mas Dandan ini ada pengecualian bukan karena diistimewakan. Hanya, beliau ada jadwal penting juga perlu dihadiri. Lalu, secara prinsip PDIP membuka peluang siapapun memiliki niat baik mendaftar,” jelas Bagas.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Masih Berlangsung Penawaran ST012, Segini Imbal Hasil Sukuk Tabungan saat Ini

Masih Berlangsung Penawaran ST012, Segini Imbal Hasil Sukuk Tabungan saat Ini
author
Ika Yuniati Kamis, 16 Mei 2024 - 14:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - Informasi mengenai Sukuk Tabungan seri ST012. (Istimewa/djppr.kemenkeu.go.id).

Solopos.com, JAKARTA — Saat ini masih berlangsung masa penawaran dua seri Instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel yaitu sukuk tabungan seri ST012-T2 dengan tenor 2 tahun dan ST012-T4 dengan tenor 4 tahun.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kementerian Keuangan menetapkan masa penawaran kedua sukuk 26 April- 29 Mei 2024.

Nilai nominal dan batas minimal pembelian kedua seri tersebut yakni Rp1 juta per unit.

Koran Solopos

Khusus Sukuk Tabungan seri ST012-T2, para investor bisa memesan maksimal Rp5 miliar, sedangkan ST012-T4 maksimal Rp10 miliar.

Imbal hasil ST012 bersifat mengambang. Artinya, besaran kupon ST012 nantinya disesuaikan dengan perubahan BI-Rate per tiga bulan.

Pada periode pertama (yang akan dibayar pada tanggal 10 Juli 2024 dan tanggal 10 Agustus 2024) berlaku kupon sebesar 6,40% untuk ST012T2, dan 6,55% untuk ST012T4 (BI-rate pada saat penetapan sebesar 6,25% ditambah spread yang ditetapkan sebesar 15 bps untuk ST012T2, dan 30 bps untuk ST012T4).

Emagazine Solopos

Spread sebagaimana pada poin a tetap sebesar 15 bps untuk ST012T2, dan 30 bps untuk ST012T4 sampai dengan jatuh tempo.

Tingkat kupon untuk periode 3 bulan pertama sebesar 6,40% (ST012T2), dan 6,55% (ST012T4) tersebut berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor).

Sementara, tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo.

Interaktif Solopos

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan melalui djppr.kemenkeu.go.id, melaporkan linimasa ST012 seperti berikut:

  1.  Penetapan hasil penjualan: 3 Juni 2024
  2. Penerbitan: 5 Juni 2024
  3. Periode early redemption ST012-T2: 25 April – 5 Mei 2025
  4. Periode early redemption ST012-T4: 24 April – 4 Mei 2026
  5. Setelmen early redemption ST012-T2: 10 Mei 2025
  6. Setelmen early redemption ST012-T4: 10 Mei 2026
  7. Jatuh tempo ST012-T2: 10 Mei 2026
  8. Jatuh tempo ST012-T4: 10 Mei 2028



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Wuling Cloud Ev Dijual Rp398 Jutaan di Indonesia

Wuling Cloud Ev Dijual Rp398 Jutaan di Indonesia
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Kamis, 16 Mei 2024 - 14:25 WIB
share
SOLOPOS.COM - Wuling Cloud EV mengambil filosofi dari awan dengan menghadirkan impresi eksterior yang dinamis dan ringan serta dipadukan dengan kabin yang luas dan berkelas. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Pabrikan otomotif asal Cina, Wuling kembali menghadirkan jajaran mobil listrik mereka untuk masyarakat Indonesia. Setelah Air EV dan Binguo, kini Wuling Motors merilis Cloud Ev, yang dijual dengan harga mulai dari Rp398 jutaan.

Sebelumnya, Pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) Wuling merilis harga estimasi untuk kendaraan tersebut yang melengkapi perjalan ABC Stories Wuling dengan harga Rp410 juta.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Hari ini, kami resmikan harga untuk Wuling Cloud EV,” kata Sales & Marketing Director SGMW Motors Indonesia, Dian Asmahani di Senayan City, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Sehingga harga untuk kendaraan elektrik asal Cina semakin bersaing. Misalnya, jika dibandingkan dengan BYD Dolphin, Wuling Cloud Ev memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan BYD Dolphin yang memiliki harga Rp425 juta.

Koran Solopos

Wuling menghadirkan desain untuk kendaraan ini seminimal mungkin dan tidak mengesampingkan modern. Pada bagian dalam, kendaraan ini tidak lagi dipenuhi dengan tombol-tombol pada bagian dasbornya. Pengaturan fitur yang ada pada kendaraan listrik yang dirakit lokal ini sudah beralih ke panel instrumen untuk menonjolkan kesan modern dan minimalis.

Kesan modern dari kendaraan ini juga tersedia melalui penggunaan layar sentuh yang berukuran 15,6 inci yang dapat digunakan untuk mengoperasikan berbagai hal guna memudahkan para penggunanya.

Fitur-fitur yang dapat diakses melalui head unit diantaranya adalah pengaturan spion, lampu otomatis, adaptive cruise control, mode berkendara, advance driving assistance system (ADAS), dan brake feel mode.

Emagazine Solopos

Fitur perintah suara berbahasa Indonesia dari Wuling ini juga semakin lengkap, sebelumnya hanya untuk membuka/menutup jendela, nyala/matikan AC, kini perintah suara tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur lampu dan juga wiper.

“Perintah baru itu contohnya kita mengatur lampu depan dan wiper, melalui perintah suara, tentunya itu cukup praktis dan semakin memudahkan para penggunanya nanti,” kata Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Tidak hanya itu saja, fitur perintah suara ini juga bisa dimanfaatkan untuk buka/tutup bagasi, nyala/mati lampu ambient, informasi sisa baterai dan jarak tempuh, atur mode berkendara, pengaturan wiper, ketinggian lampu utama hingga pemulihan daya kendaraan.

Interaktif Solopos

Kelebihan lain adalah sepenuhnya bahasa Indonesia. Sehingga mempelajarinya tidak sulit yang membuat penggunanya tidak perlu lama adaptasi untuk memanfaatkan fitur ini,” jelas dia.

Wuling Cloud ev dibekali dengan baterai berkapasitas 50,6 kWh serta diklaim memiliki jarak tempuh mencapai 460 kilometer hingga 505 kilometer.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories