SOLOPOS.COM - (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Karanganyar (Solopos.com) – Yayasan Al Irsyad Tawangmangu yang menaungi sekolah berbasis agama mengakui melarang siswa menghormat kepada bendera. Alasannya, hal itu sama dengan syirik atau menyekutukan Allah. Pihaknya siap berdialog mengenai masalah tersebut.

“Menurut kami itu musyrik. Hormat itu seperti takbir saat salat. Cuma bedanya kalau hormat dengan satu tangan. Kalau hormat, berarti kami menggadaikan akidah kami. Dengan menghormati bendera, amal kami bisa terhapus,” tegas Ketua Yayasan Al Irsyad Tawangmangu, Sutardi, saat ditemui di rumahnya, Jumat (3/6/2011).

Sutardi yang juga Kepala SMP Al Irsyad tidak sepakat dengan pernyataan Bupati Karanganyar Rina Iriani yang menyangkut-pautkan masalah tidak menghormat kepada bendera dengan gerakan Negara Islam Indonesia (NII). “Bupati Rina silakan datang ke sekolah untuk mengecek kebenarannya kalau tidak percaya. Kami terbuka untuk berdialog dengan siapa saja,” ujarnya.
Ia justru menilai jangan-jangan ada orang yang ingin menjatuhkan Al Irsyad dengan mengembuskan isu tidak hormat pada bendera. Padahal hal itu, kata Sutardi, tidak dipersoalkan oleh UPT Disdikpora Tawangmangu.

Menurutnya, menghormat atau tidak pada bendera itu adalah hak setiap orang. Apalagi, tidak ada peraturan baku yang menerangkan wajibnya hormat kepada bendera negara saat upacara. Sejarah hormat kepada bendera, kata dia, dimulai saat penjajahan Jepang. Banyak orang Indonesia yang dibunuh karena tidak hormat kepada bendera. Pihaknya juga tidak melakukan makar sebab tidak mengajak orang lain untuk menghormat saat upacara. “Kami hanya mengambil hak kami,” katanya.

Jika urusan ini berlarut, pihaknya tidak segan melaporkannya ke Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Kementerian Agama (Kemenag). Selain itu, pihaknya baru akan bereaksi bila Bupati Rina menutup sekolah.

Bebas
Hal senada juga disampaikan Kepala SD Al Irsyad, Sarwo Edy P. Sebelumnya, kata Sarwo, tidak ada yang mempersoalkan sekolahnya tidak hormat pada bendera. Bahkan UPT Disdikpora Tawangmangu membebaskan siswa untuk hormat atau tidak hormat saat upacara. Yang terpenting tidak membikin gaduh saat upacara.

Camat Tawangmangu, Yopi Eko Jati Wibowo, menyatakan ada orangtua siswa yang tidak mengikutkan anaknya upacara bendera dan tidak hormat kepada bendera karena keyakinan. Siswa datang ke sekolah setelah upacara selesai. “Jadi sifatnya ada yang perorangan, ada juga yang lembaga,” ujar Yopi saat dihubungi Espos.

Agar tidak memperkeruh suasana kemasyarakatan di Tawangmangu, setiap tanggal 17 diadakan pertemuan antarinstansi, baik sekolah, UPT dinas, kelurahan dan sebagainya. Pihaknya menginginkan agar kondisi Tawangmangu tetap aman, kebersamaan terjaga dan tidak saling benci hanya gara-gara beda pendapat.

fas



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Ini Unggahan Terakhir Pengusaha Tembaga Boyolali yang Diduga Korban Pembunuhan

Ini Unggahan Terakhir Pengusaha Tembaga Boyolali yang Diduga Korban Pembunuhan
author
Astrid Prihatini WD Sabtu, 4 Mei 2024 - 15:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pengusaha tembaga Boyolali, Bayu Handono. (Instagram @bayu.handono)

Solopos.com, BOYOLALI-Unggahan terakhir di Instagram pengusaha tembaga asal Boyolali, Bayu Handono, 36, yang ditemukan meninggal dunia di rumahnya, Dukuh Kebonso, Kelurahan Pulisen, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, Jumat (3/5/2024) malam, diserbu warganet.

Kasi Humas Polres Boyolali, AKP Arif Mudi Prihanto, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, mengatakan jenazah korban ditemukan pada Jumat malam sekitar pukul 21.00 WIB.  “Diduga korban pembunuhan. Untuk motif, saat ini masih dalam penyelidikan dan pengembangan rekan-rekan Satreskrim Polres Boyolali,” ujar dia kepada wartawan, Sabtu (4/5/2024).

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Sejumlah barang bukti yang diamankan polisi dari TKP yaitu alat pemukul, surat-surat kendaraan, dan sebagainya. Ia mengatakan berdasarkan hasil investigasi, sepeda motor korban hilang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kronologi penemuan jenazah berawal dari rekan korban yang datang ke rumah Bayu Handono. Diketahui, rekan korban sudah berusaha menghubungi lewat handphone tidak bisa. Kemudian, rekan korban datang ke rumah Bayu Handono pada Jumat malam dengan kondisi pintu gerbang terbuka.

Koran Solopos

Hal tersebut dinilai janggal karena biasanya rumah Bayu dikunci. Rekan korban meminta bantuan tetangga untuk masuk ke rumah Bayu dan sama-sama masuk ke pekarangan.

“Sesampai di pekarangan, diketahui pintu tertutup. Dari jendela diketahui ada bercak darah dan tahu di situ ada orang terbujur dan ternyata adalah korban Bayu Handono. Dugaan sementara korban meninggal dunia karena pembunuhan,” kata dia.

Setelah kabar pengusaha tembaga asal Boyolali meninggal dunia bersimbah darah itu tersebar, unggahan terakhir di akun Instagramnya pun dibanjiri ucapan duka. Tidak sedikit pula yang mengungkapkan rasa tak percaya mereka.

Emagazine Solopos

“Paris, 26 April 2024.  A very short time here in Paris, so I decided to checked my bucketlists : Eiffel  Arc de Triomphe
Louvre . Even tho I had to walk for 11km from my hostel, hahah. Paris is warmer than Prague & Amsterdam, but yeah tourist everywhere including me. And in the end, I have to cancel to meet a friend because I am so exhausted. Let’s get sleep, tomorrow back to Indonesia. Aku sudah rindu Indonesia,” demikian tulisnya di unggahan itu dikutip Solopos.com dari Instagram @bayu.handono pada Sabtu (4/5/2024).

Unggahan terakhir pengusaha tembaga Boyolali itu pun mendapatkan banyak komentar, termasuk ungkapan duka dari rekan-rekannya. “Selamat jalan tetangga baik  you will be greatly missed,” tulis @yovi*** di kolom komentar.

“Innalilahi wainnaillaihi rojiun,” tulis @anto***.

Interaktif Solopos

“inalillahi ya allah mas bayyy, terakhir chat pengen tanya” total bagpacker lah kok d tinggal saiki  khusnul khatima ya mas , orang baik pasti d tempatkan di sisi nya,” tulis @pin***.

“Mas bay  innalillahi wainna illaihi raji’un kamu orang baik aku gapercaya kamu udah ga ada,” tulis @mas***.

“Innalillahi wainna illahi rajiun, turut berduka cita mas bayu org sangat baik smga ditempatkan di tempat yang paling baik,” tulis @atep***.



Dalam unggahan terakhir di Instagram, pengusaha tembaga Boyolali yang ditemukan meninggal dunia dan diduga korban pembunuhan itu memperlihatkan dirinya tengah berada di Paris, Prancis. Selain mengunggah sejumlah landmark Paris, dia juga berfoto di salah satu landmark Paris.

Sebelumnya diberitakan, Kades Cepogo, Mawardi, membenarkan korban adalah pengusaha tembaga di Cepogo. Korban masih memiliki alamat KTP di Dukuh Gunungsari RT 001 RW 015, Desa/Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

“Kesehariannya kalau pagi, dia memang memiliki usaha dari kerajinan logam. Tapi kalau sore atau malam kembali ke sini. Dia seorang diri karena orang tuanya ada di wilayah Kembangkuning, sehari-hari dengan masyarakat juga tidak ada masalah,” jelasnya.

Mawardi menilai korban merupakan sosok yang baik, ramah, dan mudah bergaul dengan masyarakat. Walau sudah tidak tinggal di Tumang, pada Rabu (1/5/2024) masih ikut gotong royong dengan tetangga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Membludak! Ribuan Petani Ikut Wiwit Tanam Tembakau di Temanggung

Membludak! Ribuan Petani Ikut Wiwit Tanam Tembakau di Temanggung
author
Newswire , 
Imam Yuda Saputra Sabtu, 4 Mei 2024 - 15:26 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ribuan petani di Temanggung berkumpul di Alun-Alun Kabupaten Temanggung untuk mengikuti tradisi wiwit tanam tembakau, Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com-Antara/Heru Suyitno)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Ribuan petani di Kabupaten Temanggung mengikuti tradisi wiwit tanam tembakau di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (4/5/2024). Acara wiwit tanam tembakau itu digelar sebagai penanda dimulainya masa awal tanam tembakau di wilayah sekitar Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau itu.

Penjabat (Pj.) Bupati Temanggung, Agung Hari Prabowo, menyampaikan tembakau merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Temanggung karena kontribusinya yang tinggi terhadap pendapatan para petani. Pada tradisi wiwit tanam tembakau tersebut para kelompok tani membawa bucu (tumpeng nasi gurih) beserta lauk-pauknya.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Ia menyampaikan tembakau sebagai komoditas unggulan tersebut dapat mendorong terciptanya keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif. Tembakau Kabupaten Temanggung memiliki spesifikasi rasa, aroma, tekstur, yang khas dan merupakan bahan baku dalam pembuatan rokok kretek di Indonesia.

Tembakau mampu memberikan kesejahteraan yang luar biasa ketika panen raya musim tembakau tiba. Daerah basis tembakau di Kabupaten Temanggung tersebar di 13 kecamatan.

Koran Solopos

Sedangkan secara geografis wilayah penghasil tembakau di Kabupaten Temanggung meliputi wilayah sekitar Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau.

Begitu penting arti tembakau bagi masyarakat Temanggung tentunya akan membawa pola atau perilaku budaya masyarakat yang didasarkan pada pertanian tembakau, salah satunya adalah tradisi wiwit tembakau yang dilaksanakan pada pagi hari ini.

Ia menuturkan upacara wiwit tembakau di Temanggung ini tidak hanya sekadar acara untuk menunjukkan rasa syukur. Ada banyak nilai di dalamnya yang terus dilestarikan oleh warga seperti kerukunan dan kebersamaan.

Emagazine Solopos

Ketua panitia wiwit tembakau yang juga Penjabat Sekda Kabupaten Temanggung, Agus Sujarwo, menyampaikan diselenggarakan kegiatan ini untuk melestarikan adat budaya yang ada di Temanggung yang sudah dilaksanakan dahulu kala sejak nenek moyang, cuma beberapa tahun ini pelaksanaannya dipusatkan di Kabupaten Temanggung.

“Kemudian untuk menjaga kearifan lokal, semangat gotong royong dan kebersamaan seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung,” katanya.

Ia menyampaikan tujuan dari wiwit tanam tembakau ini adalah untuk memanjatkan doa bersama agar seluruh rangkaian kegiatan pertembakauan sejak tanam sampai nanti panen hasilnya baik dan juga harganya semakin baik.

Interaktif Solopos

Agus menuturkan wiwit tanam tembakau ini diikuti oleh seluruh kelompok tani di wilayah Kabupaten Temanggung ada 700 kelompok tani dan yang hadir sekitar 7.000 orang.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ini Bocoran Bongkar Pasang Jatah Kursi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Ini Bocoran Bongkar Pasang Jatah Kursi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Sabtu, 4 Mei 2024 - 14:53 WIB
share
SOLOPOS.COM - Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto (kiri) bersama Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersiap mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024 di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (24/4/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Solopos.com, JAKARTA — Utak-atik jatah atau pembagian kursi menteri di kabinet pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih berlangsung.

Hal itu terungkap dari pengakuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat ditanya awak media. Dia mengakui sudah ada diskusi ihwal pembagian kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

“Ada,” beber AHY yang juga Menteri Agraria dan Tata Ruang usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/5/2024), dilansir Antara.

Namun, AHY enggan berbicara lebih jauh ketika ditanya kapan diskusi pembagian kursi menteri itu dilakukan. “Nanti saja,” ujar putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Koran Solopos

AHY mengatakan Prabowo Subianto memikirkan segalanya dengan matang secara komprehensif. Tidak hanya melihat peta politik di parlemen, jelasnya, Prabowo juga melihat bagaimana pemerintahan ke depan berjalan efektif.

Menurut AHY, fokus Demokrat di pemerintah mendatang adalah membantu secara penuh Prabowo Subianto.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Emagazine Solopos

Pasangan ini memenangkan kontestasi politik lima tahunan itu dengan dukungan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.

Namun, tidak butuh waktu lama sejumlah partai pendukung pasangan lain merapat ke koalisi Prabowo-Gibran.

Partai Nasdem sebagai pengusung utama pasangan Anies-Muhaimin justru menjadi partai paling awal bergabung ke koalisi pemerintah kemudian disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Interaktif Solopos

Dengan begitu, mayoritas partai yang tembus ke Senayan akan berada di barisan koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran. Hanya tersisa, PDIP, PKS dan PKB dengan dua nama terakhir sudah membuka opsi untuk bergabung dengan koalisi.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories