SOLOPOS.COM - Lalu lintas kargo di sepanjang Rute Laut Utara (NSR). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Lalu lintas kargo di sepanjang Rute Laut Utara (NSR) pada tahun 2023 melebihi target proyek federal Rusia, “Pengembangan Rute Laut Utara” (diawasi oleh Rosatom) sebanyak lebih dari 250.000 ton dan mencapai 36,254 juta ton.

Direktur Jenderal Rosatom, Alexei Likhachev, mencatat rekor lalu lintas kargo dicapai sebelum akhir tahun ini berkat perusahaan mitra, terutama Novatek yang kargo LNG-nya menyumbang lebih dari setengah lalu lintas.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Begitu juga Gazprom Neft, Lukoil, dan Nornickel yang juga berkontribusi dengan mengalihkan rute kargo dari arah barat ke timur. Terdapat juga peningkatan lalu lintas transit dengan 2,129 juta ton pengangkutan yang menghasilkan pencapaian maksimum dalam sejarah pada tahun 2023.

“Lalu lintas kargo transit merupakan penanda permintaan Jalur Laut Utara sehingga dari sudut pandang bisnis logistik kelautan, pertumbuhannya adalah hasil yang paling penting,” kata perwakilan khusus Rosatom untuk pengembangan Arktik, Vladimir Panov dalam keterangan tertulis.

Minat perusahaan pelayaran asing terhadap Jalur Laut Utara juga semakin meningkat. Pada tahun 2023, Markas Besar Operasi Maritim GlavSevmorput (bagian dari grup Rosatom) memberikan pengawalan dan dukungan pelayaran untuk layanan pengiriman peti kemas reguler melalui NSR antara Rusia dan China.

Sebanyak 1.218 izin diterbitkan selama tahun 2023 (dibandingkan dengan 1.163 pada tahun 2022) untuk navigasi di perairan Jalur Laut Utara termasuk 115 perusahaan asing (55 pada tahun 2022). Sebanyak 80 pelayaran transit dilakukan melalui NSR (47 pelayaran pada tahun 2022). Selain itu, tiga pelayaran cabotage pulang pergi reguler di sepanjang Rute Laut Utara antara bagian barat laut Rusia dan wilayah Timur Jauh dilakukan pada 2023.

Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki armada kapal pemecah es bertenaga nuklir. Saat ini kapal tersebut terdiri atas empat kapal bertenaga nuklir generasi sebelumnya, tiga kapal pemecah es bertenaga nuklir universal terbaru dari proyek 22220 (Arktika, Sibir, dan Ural) dan satu-satunya kapal angkut bertenaga nuklir di dunia Sevmorput. Jalur Laut Utara merupakan jalur pelayaran terpendek antara bagian barat Eurasia dan kawasan Asia-Pasifik.

Perkembangannya sebagai koridor logistik internasional dipastikan melalui pembentukan lalu lintas barang reguler, pembangunan kapal pemecah es nuklir baru dan modernisasi infrastruktur terkait. Perusahaan Rosatom berperan aktif dalam upaya ini. Pengembangan NSR lebih lanjut akan berkontribusi pada penguatan ketahanan rantai pasokan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya