SOLOPOS.COM - Mobil yang terbakar di lokasi SPBU mini di Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (3/9/2022). (ANTARA/HO/Humas Polres)

Solopos.com, JAMBI – Setelah di Garut, Jawa Barat, kasus mobil modifikasi untuk kulakan BBM yang terbakar juga terjadi di Jambi, Sabtu (3/9/2022).

Polisi mengamankan satu unit mobil jenis minibus yang terbakar saat sedang mengisi minyak Pertalite di salah satu SPBU Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

“Satu unit mobil Suzuki Jimy Katana sedang mengisi BBM jenis Pertalite hangus terbakar di SPBU dan kini sudah diamankan untuk kepentingan penyidikan, ” kata Kasi Humas Polres Muaro Jambi, AKP Amradi, di Jambi Sabtu.

Mobil Suzuki Katana terbakar hebat di SPBU Sungai Gelam karena diduga mobil sedang melakukan pengisian minyak dengan menggunakan tangki modifikasi.

Baca Juga: Beli BBM Subsidi dengan Memodifikasi Mobil, Warga Garut Jadi Tersangka

Peristiwa kebakaran yang terjadi di SPBU mini pada RT 26, Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, satu unit kendaraan mobil merek Suzuki Katana dengan nomor polisi BH 1517 BL terbakar hangus dan api juga membakar SPBU mini tersebut.

Kendaraan terbakar saat mengisi minyak jenis Pertalite dan mobil tersebut tidak mematikan mesin kendaraan sehingga dugaan terjadi korsleting listrik kendaraan.

“Timbul percikan api yang diduga berasal dari mesin, setelah timbul percikan api tersebut kendaraan mobil langsung terbakar dan sempat didorong ke pinggir agar tidak menjalar ke mesin pompa BBM, namun api sempat menjalar dan akhirnya juga membakar mesin pompa minyak,” kata AKP Amradi.

Baca Juga: 50.000 Kendaraan di Kalimantan Terdaftar di Aplikasi Penerima Subsidi BBM

Identitas pemilik kendaraan yang terbakar berinisial H, 47, warga Desa Sungai Gelam mengalami luka bakar bagian belakang.

Seusai dipadamkan mobil periksa di dalam kendaraan mobil Suzuki Katana itu terdapat tangki mobil truk dengan kapasitas sekitar 70 liter.

Dengan temuan tangki yang sudah di modifikasi pemilik kendaraan diduga akan menimbun BBM jenis Pertalite karena hari ini pemerintah menetapkan kenaikan harga BBM.

Baca Juga: Pemerintah Naikkan Harga BBM, Buruh Tuntut Upah Layak

“Pengelola SPBU baik karyawan maupun pemilik mobil yang terbakar sedang kita periksa, tidak menutup kemungkinan ada kerjasama untuk menimbun BBM, ” kata AKP Amradi seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Tempat pengisian SPBU mini dan mobil yang terbakar sudah kita beri garis polisi.

Ditetapkan Tersangka

Sebelumnya, seorang warga Garut, Jawa Barat ditetapkan sebagai tersangka setelah membeli bahan bakar minyak (BBM) subsidi dengan mobil yang telah dimodifikasi.

BBM subsidi tersebut oleh pelaku lantas dijual secara eceran di pom mini miliknya.

“Didapati kendaraan itu sudah dimodifikasi dan kemudian berisikan jeriken yang sudah terisi BBM, semua sudah kami amankan,” kata Kepala Kepolisian Resor Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono saat jumpa pers pengungkapan kasus penyalahgunaan pengangkutan BBM di Jalan Pasirwangi, Garut, Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga: Kritik Pemerintah, Demokrat: Menaikkan Harga BBM Bukan Solusi!

Ia menuturkan pengungkapan kasus tersebut berawal dari laporan adanya kendaraan minibus jenis Carry yang terbakar di pinggir Jalan Raya Samarang pada 2 Agustus 2022.

Kepolisian bersama petugas pemadam kebakaran, kata Kapolres, langsung memadamkan kobaran api tersebut kemudian dilakukan olah tempat kejadian perkara hingga ditemukan adanya tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan BBM.

“Mobil itu berasal dari sebuah SPBU daerah Samarang yang baru saja mengisi saat perjalanan menuju lokasi penjualan ada korsleting lalu terbakar,” katanya, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Bayang-Bayang Suram Dampak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Ia mengungkapkan hasil penyelidikan diketahui mobil tersebut telah dimodifikasi dengan membuat saluran pipa untuk memudahkan pengambilan BBM dari dalam tangki kendaraan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya