SOLOPOS.COM - Badai Geomagnetik diperkirakan melanda Bumi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA— Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengingatkan besok, Jumat (23/8/2013) diprediksi terjadi badai geomagnetik.

Seperti dilansir cnet.com, Rabu (21/8/2013), NASA mengumumkan telah menangkap foto tentang erupsi cukup besar pada permukaan matahari yang disebut semburan koronal massal, pada Selasa (20/8/2013) lalu.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

NASA memprediksi partikel yang terlempar keluar dari fenomena tersebut akan menyentuh atmosfer bumi pada hari Jumat (23/8/2013) besok dan berpotensi mengakibatkan badai geomagnetik.

“Partikel-partikel ini tidak dapat menembus atmosfer bumi dan tidak membahayakan manusia, namun mereka dapat memengaruhi kerja sistem satelit beserta transistornya di bumi,” tulis NASA dalam pernyatan resminya.

Hal ini berarti jaringan listrik dan berbagai layanan berbasis satelit akan mengalami gangguan sementara. Badai geomagnetik serupa pernah terjadi pada awal tahun ini, dimana komunikasi radio lintas Atlantik Utara sempat terganggu beberapa saat.

Juga di tahun 1989 silam, badai geomagnetik mengakibatkan listrik padam secara masaal dan tiba-tiba di seluruh provinsi Quebec, Kanada.Selain mempengaruhi kinerja satelit dan jaringan listrik, ternyata badai geomagnetik ini dapat menimbulkan fenomena aurora yang cantik dalam paduan warna hijau, biru, dan merah.

Fenomena ini akan terjadi dalam waktu singkat di belahan bumi utara yang telah memasuki musim gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya