SOLOPOS.COM - Personel keamanan memeriksa penonton yang akan memasuki Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, untuk menyaksikan laga Grup A Piala AFF 2022 tim nasional Indonesia melawan Kamboja, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Solopos.com, JAKARTA — Polisi akan menerjunkan 1.394 personel untuk mengamankan laga Grup A Piala AFF 2022 Indonesia Vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat (23/12/2022).

“Itu merupakan personel gabungan termasuk dari TNI yang menurunkan satu kompi atau 100 pasukan,” ujar Kepala Bagian Operasi Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Saufi Salamun, di SUGBK Jakarta, Jumat.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Dia menyampaikan protokol keamanan pada pertandingan tersebut disesuaikan dengan Peraturan Polri (Perpol) No.10/2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Sesuai regulasi yang dikeluarkan pascaperistiwa di Stadion Kanjuruhan Malang, polisi hanya akan ditempatkan di luar stadion.

Di area lapangan ada pengamanan sipil (steward) dari PSSI dan pengelola kawasan Gelora Bung Karno. “Kami sudah menyesuaikan dengan Perpol terbaru dan standar FIFA,” tutur Saufi.

Baca Juga : Presiden Jokowi akan Nonton Laga Indonesia Vs Kamboja di Stadion GBK Hari Ini

Selain itu, polisi juga menyiapkan sarana pendukung seperti ambulans, pemadam kebakaran, dan beberapa kendaraan taktis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertandingan Indonesia kontra Kamboja menjadi laga pertama sepak bola dengan penonton di Indonesia seusai peristiwa di Stadion Kanjuruhan. Laga tersebut akan berlangsung pada Jumat (23/12/2022) mulai pukul 16.30 WIB.

Sesuai hasil rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan, termasuk Polri maka PSSI hanya menyediakan 25.000 tiket untuk para penonton yang ingin menyaksikan langsung laga itu di SUGBK Jakarta. Kapasitas maksimal SUGBK Jakarta adalah 77.000 penonton.

Rencananya, Presiden Joko Widodo serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali akan menyaksikan langsung pertandingan Indonesia melawan Kamboja tersebut.

Baca Juga : Demam Piala AFF 2022, Warga Solo Ramai-Ramai Rencanakan Nonbar di Poskamling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya