SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan kurs rupiah (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah Jumat (22/1/2016) kembali ditutup menguat melanjutkan penguatan yang terjadi sehari sebelumnya.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah kembali perkasa hari ini. Di pasar spot akhir pekan ini, Jumat (22/1/2016), rupiah ditutup di level Rp13.845/dolar AS atau menguat 61,5 poin (0,44%). Penguatan ini terjadi seiring optimisme penyerapan belanja negara lebih cepat, menyusul beberapa langkah strategis pemerintah untuk memacu pembangunan infrastruktur.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Sebelumnya, pagi ini rupiah juga menguat 28 poin atau 0,20% ke Rp13.879/dolar AS. Rupiah menguat setelah pelaku pasar optimsitis serapan belanja negara yang lebih cepat akan memacu pertumbuhan ekonomi. Selain itu, muncul rilis data yang menunjukkan terjadi kenaikan investasi asing langsung pada kuartal terakhir 2015.

“Belanja modal kuartal keempat menyarankan meningkatkan pelaksanaan infrastruktur. Pasar menjadi lebih optimistis terhadap outlook pertumbuhan ekonomi Indonesia, bursa saham dan pasar uang,” kata Dushyant Padmanabhan, Ahli Strategi Nomura Holdings Inc seperti dikutip Bloomberg, Jumat (22/1/2016).

Kurs Jisdor menguat 25 poin pada Jumat (22/1/2016), menguat seiring rebound pasar finansial global. Data Bank Indonesia menunjukkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini menguat 25 poin atau terapresiasi 0,18% ke Rp13.874 per dolar AS.

“Kenaikan belanja modal pemerintah pada kuartal IV/2015 menunjukkan komitmen pemerintah mendorong perbaikan infrastruktur. Kami optimistis atas proyeksi pertumbuhan ekonomi, pasar saham dan kurs Indonesia,” kata Dyshyant Padmanabhan dari Nomura Holdings kepada Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya