SOLOPOS.COM - Ilustrasi Menghitung Pecahan Rp100.000 (Dok/JIBI/Solopos)

Kurs rupiah hari ini dibuka melemah 21 poin.

Solopos.com, JAKARTA — Nilai tukar rupiah dibuka melemah 0,15% atau 21 poin ke level Rp13.964 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan, Selasa (5/1/2016).

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Selanjutnya, rupiah terus melemah 0,25% atau 35 poin ke level Rp13.978 per dolar AS pada pukul 08.00 WIB.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menilai rupiah masih berpotensi melemah seiring belum adanya dorongan positif atas laju mata uang Garuda tersebut.

Sebelumnya, rupiah ditutup melemah 113 poin atau 0,82% ke level Rp13.943 per dolar AS pada perdagangan, Senin (4/1/2016).

Pergerakan valas di pasar spot kemarin terpengaruh oleh sentimen negatif dari Tiongkok dan Timur Tengah yang membuat pasar finansial bergejolak.

Reza Priyambada menilai, pelaku pasar harus kembali bersabar seiring belum adanya dorongan positif atas laju rupiah.

“Rupiah masih menyimpan potensi pelemahan, apalagi nilai yuan juga masih dibayangi tekanan, hal ini tentu akan membawa imbas negatif terhadap rupiah,” papar Reza dalam riset.

Dengan pelemahan pada data-data manufaktur Tiongkok, menyebabkan nilai Yuan terdepresiasi yang diikuti oleh melemahnya sejumlah harga komoditas terutama harga minyak mentah dunia.

“Kondisi ini tentu saja akan menguntungkan laju dolar AS yang dapat melanjutkan penguatannya. Melemahnya AUD, CNY, CAD, dan INR turut berimbas negatif pada laju Rupiah,” jelas Reza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya