SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan kurs rupiah (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah menguat tipis akhir pekan ini.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah akhirnya ditutup menguat tipis di akhir pekan. Pada perdagangan, Jumat (4/12/2015), rupiah ditutup di level Rp13.840/dolar AS atau menguat 4,5 poin (0,03%).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kurs jual Bank Indonesia masih berada di atas di Rp13.900 pada Jumat (3/12/2015) meskipun lonjakan euro menahan depresiasi rupiah di pasar spot. Bank Indonesia menetapkan kurs tengah di level Rp13.833 per dolar AS, menguat 12 poin atau 0,09% dibandingkan kurs kemarin.

Pemerintah menunda pengumuman paket kebijakan deregulasi tahap ketujuh, karena masih harus dibahas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengatakan paket kebijakan belum dapat diumumkan hari ini, karena masih menunggu arahan Presiden dan Wakil Presiden.

Meski demikian, pemerintah telah menyiapkan daftar kebijakan yang masuk ke dalam paket kebijakan deregulasi tahap ketujuh. “Paket kebijakan belum diumumkan hari ini, tetapi paket kebijakan sudah dipersiapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/12/2015).

“Fokus pasar akan kembali ke Amerika Serikat. Data pekerjaan akan dirilis menjelang pertemuan Fed,” kata Yujiro Goto, Ahli Strategi Mata Uang Nomura Holdings Inc seperti dikutip Bloomberg, Jumat (4/12/2015).

Gubernur Federal Reserve Janet Yellen yang masih optimistis dengan laju perekonomian AS, tidak mampu mendorong indeks dolar. Indeks dolar AS turun drastis, tetapi di sisi lain imbal hasil US Treasury 10 tahun naik tajam ke 2,3% bersama dengan imbal hasil Bund yang ke 0,67%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya