SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah dan valuta asing (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Kurs rupiah hari ini dibuka menguat 12 poin atau 0,09%.

Solopos.com, JAKARTA— Pergerakan nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,09% atau 12 poin ke Rp13.355/US$ pada perdagangan hari ini, Jumat (6/1/2017).

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Rupiah menguat di saat indeks dolar AS melemah pada penutupan perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB. Seperti diketahui, nilai tukar rupiah ditutup menguat pada perdagangan Kamis (5/1/2017). Rupiah berakhir terapresiasi 0,54% atau 73 poin ke posisi Rp13.367/US$ setelah diperdagangkan pada kisaran Rp13.296 – Rp13.385/US$.

Penguatan rupiah ini sejalan dengan melemahnya indeks dolar AS setelah rilis risalah pertemuan Federal Reserve Desember lalu, di mana para pejabat The Fed berpendapat ekonomi dapat tumbuh lebih cepat karena stimulus fiskal di bawah pemerintahan Trump.

Namun, pertumbuhan ekonomi tersebut menimbulkan risiko kenaikan inflasi, sehingga pejabat The Fed memandang perlunya kenaikan suku bunga acuan secara bertahap pada tahun 2017.

Sekitar setengah dari peserta menyatukan asumsi kebijakan fiskal yang lebih ekspansif dalam prediksi mereka, menurut risalah dari pertemuan the Fed 13-14 Desember, seperti dikutip Reuters.

“Dolar melemah. [Fed beri sinyal kenaikan suku bunga dilakukan secara] bertahap. Naik tiga kali, [tapi] pelan pelan. [Pasar] menerima itu,” kata Analis First Asia Capital, David Sutyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya