SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Cara daftar haji plus 2023. Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi membagi kuota haji reguler dan haji khusus 1444 H/2023 H berbasis provinsi.

Pembagian kuota tersebut berdasar Keputusan Menteri Agama (KMA) Yaqut Cholil Qoumas No. 189/2023 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1444 H/2023 M tertanggal 13 Februari 2023.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Dalam KMA tersebut ditetapkan kuota haji Indonesia 2023 sebanyak 221.000 yang terdiri atas 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus atau haji plus.

Haji reguler adalah kegiatan haji (dari pemberangkatan hingga pemulangan jemaah) yang diselenggarakan pemerintah melalui Kemenag.

Sementara, haji khusus atau biasa disebut haji plus adalah kegiatan haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta. Program haji plus memiliki kelebihan seperti jemaah tak perlu menunggu lama berhaji.

Itu berbeda dengan haji reguler yang harus menunggu sangat lama. Bahkan, saat ini antrean haji reguler mencapai puluhan tahun.

Lalu bagaimana cara daftar haji plus 2023? Berikut ulasannya.

Sebelum mendaftar lebih baik calon jemaah haji menelusuri terlebih dahulu biro/agen perjalanan haji plus yang memiliki izin resmi.

Hal itu mengingat pelaksanaan haji plus difasilitasi pihak swasta. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan sebelum berangkat haji plus dikutip dari laman sumeks.disway.id.

1. Cek legalitas dan izin resmi biro/agen perjalanan.

2. Cari info ke Kantor Urusan Agama atau Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat atau cek situs resmi Kemenag, kemenag.go.id

3. Survei demi kenyamanan beribadah. Ini bisa dengan bertanya kepada teman-teman atau saudara yang pernah menggunakan jasa biro/agen haji plus.

4. Gali informasi sedetail mungkin soal fasilitas dan jadwal pasti keberangkatan. Jika biro/agen perjalanan haji plus kredibel dapat dipastikan telah punya jadwal pasti lengkap dengan akomodasi selama perjalanan, penginapan, konsumsi, sampai kepulangan

5. Pilih biro travel haji dengan paket haji, termasuk asuransi, untuk meminimalisasi risiko.

Setelah menentukan biro/agen perjalanan haji plus 2023, calon jemaah bisa mendaftar dengan cara mendatangi langsung kantor biro/agen perjalanan haji plus yang diinginkan atau melalui kanal yang disediakan biro/agen bersangkutan.

Selain cara daftar, calon jemaah perlu memperhatikan syarat pendaftaran haji plus 2023.

1. Formulir pendaftaran.
2. Paspor asli masa berlaku minimal 7 bulan.
3. Nama dalam paspor setidaknya 3 suku kata.
4. Fotokopi KTP.
5. Fotokopi Akta Kelahiran.
6. Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
7. Fotokopi Surat Nikah.
8. 30 lembar pas foto ukuran 3×4 dengan latar belakang putih.
9. 15 lembar pas foto ukuran 4×6 dengan latar belakang putih.
10. Surat kuasa pemilihan PIHK.
11. Surat pernyataan waiting list.
12. Membayar DP sebesar USD 4.500 (Nomor Porsi Kementerian Agama).

Demikian cara daftar haji plus 2023 yang perlu diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya