SOLOPOS.COM - Foto Bersama tim promosi dengan SMA Kristen Filadelfia Mempawah. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Rombongan SMA Kristen Filadelfia dan Pengurus Yayasan Pedahel Indonesia Sejahtera Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, melakukan kunjungan ke Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Selasa (21/2/2023).

Diterima di Ruang Rapat Fakultas Sains dan Matematika UKSW, Ketua Yayasan Ir. Parman Paulina memimpin langsung rombongan yang berjumlah tujuh belas siswa kelas XII IPA dan XII IPS dengan dua pengurus yayasan dan lima guru pendamping.

Kepala Bagian Promosi, Divisi Promosi dan Komunikasi Publik Nina Setyawati, S.Kom., M.Cs., menyambut positif rombongan SMA Kristen Filadelfia Yayasan Pedahel Indonesia Sejahtera Kalimantan Barat.

“Terima kasih dan selamat datang kepada bapak dan ibu guru SMA Kristen Filadelfia dan pengurus Pedahel Indonesia Sejahtera di kampus Indonesia Mini. UKSW sering disebut kampus Indonesia Mini karena mahasiswa di sini berasal dari Sabang sampai Merauke. UKSW juga memiliki tiga kampus yaitu kampus utama di Diponegoro, kampus dua ada di Jalan Kartini dan kampus tiga ada di Blotongan,” ucap Nina Setyawati.

UKSW tidak hanya dikenal dengan kampus Indonesia Mini, namun dikenal juga dengan entrepreneurship research university karena terjalinnya kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa.

“Mahasiswa di sini tidak hanya belajar di kelas saja, tetapi diajak kolabolasi dengan dosen untuk mengerjakan penelitian dan terjun langsung kepada masyarakat. Sehingga UKSW dikenal dengan entrepreneurship research university, karena adanya interaksi hangat antara mahasiswa dengan dosen. Semoga dengan ini teman-teman semakin mengenal dan mengerti UKSW lebih jauh lagi,” lanjutnya.

Melanjutkan Pendidikan

Di sela kegiatan, Ketua Yayasan Pedahel Indonesia Sejahtera menyampaikan tujuan kunjungan ini yaitu untuk mendorong siswa agar tetap melanjutkan pendidikan tanpa rasa takut dan rendah diri.

“Mendorong siswa supaya mau melanjutkan pendidikan mereka supaya berani dan tidak melihat diri mereka kecil. Diharapkan dari kunjungan ini ada siswa yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain itu, mereka juga menjadi motivasi bagi adik kelas untuk melanjutkan pendidikan mereka,” ungkap Parman Paulina.

Parman Paulina juga menyampaikan bahwa UKSW menjadi pilihan utama bagi siswa SMA Kristen Filadelfia.

“UKSW adalah salah satu universitas Kristen yang terbesar dan punya nilai, jadi kita berharap dengan nilai-nilai yang sudah ditanamkan kepada siswa saat bersekolah bisa berlanjut di sini dalam membentuk karakter mereka. Mereka juga membangun daerahnya dengan nilai-nilai kristiani yang diperoleh saat kuliah,”katanya.

Kepala SMA Kristen Filadelfia mengaku senang atas sambutan hangat yang diberikan oleh UKSW dan berharap siswa-siswa lebih termotivasi lagi ketika mendengarkan pemaparan tentang dunia perkuliahan di UKSW.

“Senang sekali bisa disambut hangat oleh UKSW. Dengan kunjungan langsung ini diharapkan memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di samping itu, mereka bisa merasakan dan melihat langsung apa saja yang disampaikan oleh dosen tentang UKSW. Harapan saya siswa yang berkuliah di sini berhasil dan mindset mereka berubah dan memiliki wawasan yang terbuka,” ungkapnya.

Enam Fakultas yaitu Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Fakultas Interdisiplin (FID), memamerkan keunikan dan produk inovasi hasil riset mereka. Para siswa diajak bermain bersama hingga suasana kunjungan tercipta asyik, akrab dan interaktif.

Direktorat Kemahasiswaan UKSW menyampaikan informasi beasiswa yang tersedia di aras universitas dan mengajak siswa untuk mengakses informasi secara lengkap di stars.uksw.edu.

Sebanyak sepuluh orang dari siswa SMA Kristen Filadelfia mendaftar di program studi S1 dan satu orang guru SMP Filadelfia mendaftar di Program Magister UKSW.

Lea selaku guru SMP Kristen Filadelfia mengungkapkan alasannya melanjutkan pendidikan Magister di UKSW karena mampu memberikan pengetahuan yang lebih luas dan menanamkan nilai kristiani bagi mahasiswa.

“Saya yakin di UKSW tidak hanya diajarkan dalam dunia akademi melainkan juga menanamkan nilai-nilai kristiani, sehingga iman dan pengetahuan mahasiswa di sini bertumbuh,” tutur Lea.

Ada hal lain yang membuat Dian Arianti, salah seorang siswa SMA Kristen Filadelfia memutuskan untuk berkuliah di UKSW. Dian menilai UKSW sebagai kampus Kristen yang mampu memberikan membuka cakrawala ilmu pengetahuan sehingga bisa membangun daerah asal.

“Saya berharap dengan berkuliah di UKSW saya mampu memberikan konstribusi kepada daerah saya dengan bekal yang saya dapat di sini,” ungkapnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya