SOLOPOS.COM - BPOM melakukan pengujian makanan yang disantap Presiden RI Joko Widodo dan keluarga di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT agar aman dari delapan jenis kandungan berbahaya, Sabtu (22/4/2023). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Solopos.com, LABUAN BAJO — Presiden Joko Widodo nyaris mengonsumsi makanan berformalin saat berkunjung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Makanan yang terbukti berformalin itu akhirnya dipisahkan dan tidak dihidangkan untuk Presiden Jokowi dan keluarga.

Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin, mengatakan pihaknya memastikan makanan yang disantap Presiden Jokowi bersama keluarga di Labuan Bajo aman dari delapan jenis kandungan berbahaya.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Parameter yang diuji adalah SianidaNitritArsenTimbalFormalinBorakRhodamin B, dan Methanil Yellow dan hasil uji dikoordinasikan dengan paspampres untuk dinyatakan layak dihidangkan atau tidak layak dihidangkan,” kata Andirusmin Nuryadin, Minggu (23/4/2023).

BPOM melakukan food security pada beberapa titik kunjungan Presiden Joko Widodo dan keluarga, di antaranya di tempat transit Bandara Komodo, Hotel Meruorah, Hotel Ayana, dan Puncak Waringin.

Nuryadin menjelaskan sistem pengawasan food security terhadap makanan Presiden Jokowi dan keluarga dilakukan lewat pengujian terhadap makanan tiga jam sebelum presiden tiba di lokasi.

Nantinya pihak hotel yang menyiapkan makanan untuk presiden dan keluarga, lalu diambil sampel untuk diuji semua.

“Jika dinyatakan aman baru dihidangkan untuk presiden dan keluarga,” ucapnya.

Nuryadin mengatakan ada sampel yang dinyatakan positif formalin, tetapi sudah dipisahkan untuk tidak dihidangkan.

Dia pun menyatakan komitmen BPOM untuk memastikan keamanan makanan Presiden Joko Widodo dan keluarga.

“Nanti pengujian dilakukan lagi, bergantung dari jadwal presiden kunjungan ke mana,” katanya.

Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan anak cucu telah tiba di Labuan Bajo sejak Sabtu  (22/4/2023) malam.

Selain melakukan kunjungan pribadi, yakni berlibur bersama keluarga, Presiden Joko Widodo juga memiliki agenda pengecekan persiapan Labuan Bajo sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN, tanggal 9 sampai 11 Mei mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya