SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video detik-detik polisi marahi mobil polisi yang hampir serempet rombongan PM Laos saat KTT Asean ke-43 (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA — Viral video mobil polisi yang melanggar ring 1 iring-iringan pengamanan delegasi KTT ASEAN. Mobil itu disebut nyarus menyerempet mobil yang ditumpangi rombongan Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone.   

Berdasarkan video yang beredar di media sosial X, terlihat rombongan delegasi Laos tengah melintas menuju Bundaran HI menuju Bundaran HI dari arah Gelora Bung Karno. 

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Saat itu, rombongan PM Laos tengah memasuki jalan di kawasan Semanggi. Polisi yang bertugas pun mengamankan mobil lain yang akan ikut masuk ke dalam jalan tersebut. 

Salah satu mobil warga berhasil dihentikan saat rombongan PM Laos sedang lewat. Namun tiba-tiba saja, muncul mobil polisi di belakang yang masuk jalan dan hampir menyerempet rombongan PM Laos.

Setibanya di Simpang Semanggi, terdapat satu mobil Polantas yang menyerobot masuk ke jalur yang sama dengan rombongan hingga hampir menyerempet. 

Sontak polisi yang bertugas pun berteriak dan mengatai mobil polisi yang lewat dengan sebutan “goblok” karena melanggar protokol. Polisi lain yang sedang bertugas pun mencoba menghentikan mobil polisi yang melanggar protokol tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyampaikan mobil tersebut tengah dikendarai anggota Polantas yang hendak berpindah pos dan mengejar pengamanan Presiden. 

“Dia buru-buru karena Presiden sudah berada di dekat Semanggi mau belok kiri, sedangkan dia mengamankan di Bundaran HI. Itu anggota sudah saya tegur, karena saya di tempat itu juga,” ujarnya dalam keterangan, dikutip Jumat (8/9/2023), dilansir Bisnis.com.

Kemudian, Latif juga menyampaikan bahwa anggota Polantas tersebut tidak mendapatkan hukuman. Sebab, hal itu merupakan ketidaksengajaan karena terburu-buru untuk mengamankan jalur Presiden RI. 

“Ya tidak ada hukuman, udah saya tegur cukup lah. Dia bukan karena sengaja dia kan memang terburu-buru karena punya tanggung jawab karena mau mengamankan jalur presiden kita. Dia sudah kita tegur sudah kita hentikan saya ingatkan,” imbuhnya. 

Setelah mendapatkan teguran, anggota polantas itu kemudian kembali melakukan tugas pengamanannya usai rombongan delegasi Laos meninggalkan lokasi. 

“Setelah itu setelah [delegasi] Laos lewat dia langsung berangkat lagi [melanjutkan tugas pengamanan],” pungkas Latif.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Viral Mobil Polisi Langgar Ring 1 KTT ASEAN, Ini Penjelasan Polda Metro”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya