SOLOPOS.COM - Barack Obama

Solopos.com, JAKARTA — Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono memaklumi keputusan Presiden AS Barrack Obama untuk batal hadir di Bali lantara kondisi internal negara Paman Sam itu.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan alasan Obama membatalkan kehadirannya dalam KTT APEC 2013 di Bali lantaran AS masih harus melangsungkan pembahasan anggaran nasional.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebagaimana diberitakan, AS saat ini sedang mengalami shutdown atau penghentian kegiatan pemerintah federal karena ketidaksepahaman antara DPR yang dikuasai kubu Partai Republik dengan senat yang dikuasai kubu Partai Demokrat soal anggaran nasional.

“Presiden Susilo menyampaikan bahwa dirinya dapat memaklumi pertimbangan terkait ketidakhadiran Presiden Obama di KTT APEC,” ujar Faizasyah, Jumat (4/10/2013).

Faizasyah menambahkan bahwa Kepala Negara juga terus mengikuti perkembangan situasi di dalam negeri AS.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengatakan berharap dapat meminimalisir dampak isu shutdown di Amerika Serikat.

Dia menyebutkan bahwa presiden mencermati perkembangan isu soal shutdown di AS karena hal itu akan berdampak pada belanja pemerintah AS dan ketidakpastian di mata investor.

Namun demikian, Firmanzah menilai isu shutdown di AS tidak akan berdampak langsung terhadap Indonesia. Dampaknya, ujarnya, akan lebih terlihat kepada sikap investor yang mengambil posisi wait and see.

“Berbeda dengan rencana The Fed untuk mengurangi stimulus moneter karena berdampak pada likuiditas dollar, tidak hanya di AS tetapi juga di dunia langsung terasa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya