SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok/Maulana Surya)

Solopos.com, KUTA–PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Ngurah Rai menerima 673 rekomendasi pembatalan penerbangan sejumlah maskapai terkait penutupan bandara selama penyelenggaraan KTT APEC 5-9 Oktober.

Sherly Yunita, Public Relation Officer PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Bali, mengatakan selama penutupan sementara bandara kemungkinan pembatalan penerbangan sebesar 49% dari penerbangan reguler.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Tanggal 5 dan 7 Oktober ada expected delay artinya ada kemungkinan keterlambatan pesawat datang karena pihak AP I belum mendapat konfirmasi tentang kedatangan delegasi negara yang datang di tanggal tersebut,” katanya kepada Bisnis, Jumat (10/4/2013).

Sherly menjelaskan bahwa pihak AP I dan Dirjen Perhubungan telah menginformasikan kepada seluruh maskapai sejak bulan Mei adanya penutupan sementara di bandara dan reschedule untuk seluruh pesawat regular baik domestik maupun internasional.

“Semuanya sudah diinfokan kepada seluruh maskapai, untuk mengantisipasi adanya penutupan di bandara pada jam-jam tertentu yang harusnya terbang tetapi harus batal atau dialihkan,” ujarnya.

Ia mengharapkan seluruh maskapai telah menginformasikan kepada seluruh penumpang agar tidak terjadi hal-hal yang bisa memicu kericuhan di bandara karena semua yang bertanggung jawab adalah maskapai tersebut.

“Misalnya saat penutupan, maskapai bisa saja mengalihkan penerbangannya ke kota lain. Itu semua kebijakan dari airline,” paparnya.

Pihak AP I, lanjutnya, hanya mengatur kapan pesawat komersial boleh datang, menunggu atau boleh terbang. Adanya APEC, semua prosedur pengamanan tetap sama hanya kesiagaan saja yang ditingkatkan.

“Untuk mendukung kelancaran selama APEC, AP I bekerja sama dengan komunitas bandara yakni AURI, Otoritas Bandara, LPPNPI, Airline & Ground handling dengan membuka posko untuk memonitoring pergerakan pesawat maupun penumpang.”

Posko tersebut, lanjutnya, beroperasi selama 24 jam mulai tanggal 4-10 Oktober 2013 sehingga diharapkan adanya posko koordinasi lebih mudah. Selain itu, tambahnya, seluruh aktivitas di Bandara selama penutupan berlangsung normal atau seperti biasanya.

“AP I berharap semua bisa berjalan secara kondusif,” tandasnya.

AP I mencatatkan jumlah pesawat regular baik domestik dan internasional pada 6-9 Oktober sebanyak 1.378 penerbangan, rekomendasi pembatalan sebanyak 673 penerbangan serta jumlah kursi kemungkinan pembatalan sebanyak 106.171 dari total 38 maskapai.

Jadwal penutupan Bandara Ngurah Rai Bali

6 Oktober 2013 10.00 s/d 20.00 WITA
8 Oktober 2013 13.00 s/d 20.00 WITA
9 Oktober 2013 07.00 s/d 14.00 WITA
5 dan 7 Oktober    Expected delay (adanya kemungkinan keterlambatan pesawat yang datang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya