SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Lion Air (Antara)

Solopos.com, TANGERANG — Pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta-Palembang yang mengangkut 169 penumpang berhasil mendarat kembali dengan selamat di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (26/10/2022), setelah mesin terbakar di ketinggian 3.000 kaki.

Pesawat Lion Air JT330 itu sedianya akan menuju ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan pesawat mendarat dengan aman, dan seluruh penumpang dan kru pesawat selamat.

“Pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Proses penunpang keluar dari pesawat dilakukan secara normal,” kata Danang melalui keterangan resmi, seperti dikutip Solopos.com, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Mengangkasa 3.000 Kaki, Lion Air Mendarat Darurat karena Mesin Terbakar

Berikut kronologi pesawat Lion Air JT330 yang urung terbang ke Palembang karena mesin terbakar berdasarkan keterangan Danang Mandala Prihantoro.

1. Pesawat Lion Air JT330 lepas landas dari Bandara Soetta, Rabu (26/10/2022) pukul 17.13 WIB dengan membawa enam orang kru dan 169 penumpang.

Sebelum terbang, Danang Mandala memastikan pesawat tersebut pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK itu dinyatakan layak dan aman dioperasikan.

Baca Juga: Mulai 19 Oktober, Lion Air Buka Rute Surabaya-Kuala Lumpur Setiap Hari

2. Fase mengudara berjalan normal dan pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

3. Namun saat berada di ketinggian 3.000 kaki, pilot Lion Air JT330 merasakan adanya salah satu komponen mesin yang tidak sesuai dengan semestinya.

“Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan,” ujar Danang.

Baca Juga: Curhatan Ari Lasso Ditinggal Pesawat Batik Air Dapat Respons Maskapai

4. Pilot lantas memutuskan untuk balik kembali ke Bandara Soetta demi keamanan penumpang.

5. Penumpang lantas diangkut dengan pesawat Lion Air lainnya yakni menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP.

Pesawat berangkat pukul 19.20 WIB dan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kronologi Pesawat Lion Air Jakarta-Palembang JT330 Putar Balik ke Bandara Soetta”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya