SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video kecelakaan helikopter jatuh yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono. (ANTARA-Dolly Rosana)

Solopos.com, JAMBI — Helikopter jenis Bell 412 SP yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono mengalami kecelakaan dan terjatuh di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2/2023) sekitar pukul 11.00 WIB.

Helikopter bernomor Registrasi P-3001 berangkat dari Bandara Sultan Thaha Jambi sekitar pukul 09.25 WIB. Kapolda Jambi bersama rombongan saat itu hendak ke Bandara Depati Parbo.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Selain Kapolda Jambi, helikopter tersebut juga ditumpangi AKP Ali, AKP Amos F, Aipda Susilo, Dirreskrimum Kombes Pol Andri Ananta, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Muchael Bumbunan, Korpspripim Polda Kompol A Yani Jambi, dan seorang ADC Kapolda Jambi.

Rombongan Kapolda Jambi itu terbang dari Kota Jombi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan kerja dengan agenda peresmian Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan kunjungan mantan Wapres RI M. Jusuf Kalla di Kerinci.

Pada pukul 11.02 WIB, Posko Polda Jambi mendapat laporan dari kru helikopter Bell 412 SP Reg. P-3001 diperkirakan jatuh di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63” tepatnya Desa Tamiai
Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, dengan alasan belum diketahui.

Untuk kondisi Penumpang saat ini dalam keadaan selamat dengan kondisi Kapolda Jambi dalam kondisi patah tangan kanan sedangkan untuk penumpang lain dalam keadaan selamat.

Langkah-langkah yang telah dilakukan mengirim personel Batalyon B Sat Brimob Polda Jambi, Polres Kerinci dan Polres Merangin menuju ke lokasi pendaratan darurat. Selain itu, tim medis juga diterjunkan untuk melakukan pertolongan pertama dan berkoordinasi dengan PT WKS meminjam Heli Bell 412 EP untuk melakukan evakuasi melalui jalur udara.

Terkait kejadian itu, Gubernur Jambi Al Haris meminta doa masyarakat Jambi agar Kapolda Jambi dan rombongannya bisa segera dievakuasi setelah helikopter yang ditumpanginya jatuh.

“Mohon doa dari seluruh masyarakat Jambi agar bisa segera dievakuasi para korban karena jarak tempat kejadian untuk mengevakuasinya cukup jauh diperkirakan enam jam perjalanan ke lokasinya,” kata Al Haris, Minggu.

Dia berharap Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan penumpang lainnya bisa secepatnya dievakuasi karena jaraknya cukup jauh dari jalan besar.

Informasi yang didapat untuk menuju ke lokasi di dalam hutan Desa Tamia Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi hanya bisa menggunakan jalur darat.

“Saya Gubernur Jambi mendoakan agar pak Kapolda dalam keadaan selamat dan bisa segera dievakuasi oleh tim yang sudah bergerak menuju ke lokasi,” kata Al Haris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya