SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat jatuh. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pemimpin pasukan tentara bayaran Wagner asal Rusia, Yevgeny Prigozhin, dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat pada Rabu (23/8/2023).

Badan penerbangan Rusia memaparkan kronologi jatuhnya pesawat jet yang diduga mengangkut Prigozhine. Awalnya, sebuah jet pribadi Embraer-135 jatuh di Wilayah Tver di utara Moskow.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Menurut data awal, sebanyak 10 orang yang menjadi penumpang dalam penerbangan tersebut telah dinyatakan tewas. Jatuhnya jet pribadi Embraer-135 itu terjadi di dekat permukiman Kuzhenkino di Wilayah Tver di utara Moskow, dekat jalan raya M-10. Melansir kantor berita TASS, jet pribadi tersebut membawa 3 orang awak (2 orang pilot dan seorang pramugari) dan 7 orang penumpang.

Seluruhnya dinyatakan meninggal setelah pesawat jatuh terbakar. Adapun, 3 orang awak itu antara lain, pilot Alexei Levshin, co-pilot Rustam Karimov dan pramugari Kristina Raspopova. Lalu, daftar penumpang yang tercatat antara lain, Sergey Propustin, Yevgeny Makaryan, Alexander Totmin, Valery Chekalov, Dmitry Utkin dan Nikolay Matyuseyev.

Chekalov disebutkan dalam daftar sanksi Amerika Serikat (AS) sebagai orang yang dekat dengan Prigozhin.

Perwakilan layanan darurat Distrik Bologoye menyampaikan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan di darat. Badan Penerbangan Rusia mengatakan bahwa pesawat itu disinyalir milik perusahaan MNT-Aero yang khusus menyediakan layanan jet pribadi.

Petugas pemadam kebakaran bekerja di tengah puing-puing pesawat di lokasi kecelakaan setelah jatuhnya sebuah jet pribadi di wilayah Tver, Rusia, 23 Agustus 2023. Yevgeny Prigozhin, kepala kelompok tentara bayaran swasta Rusia, Wagner, dilaporkan terdaftar sebagai penumpang jet pribadi yang jatuh di utara Moskow pada 23 Agustus 2023.

Badan Penerbangan Rusia mengungkap kronologi jatuhnya pesawat jet yang mengangkut Yevgeny Prigozhin. Awalnya, pesawat sedang terbang dari Bandara Sheremetyevo Moskow menuju ke St. Petersburg.

Pesawat jet tersebut sebenarnya telah mendapat izin penggunaan ruang udara, sebelum akhirnya dikabarkan jatuh.

Badan penerbangan Rusia masih terus berupaya untuk menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. Tim penyelidik Komite Investigasi Rusia telah dikirim ke lokasi kecelakaan.

Petugas pertolongan pertama sedang bekerja di tempat kejadian. Departemen Investigasi Utama Komite Investigasi Federasi Rusia memulai penyelidikan kriminal atas pelanggaran berdasarkan Pasal 263 KUHP Rusia, menyelidiki potensi pelanggaran peraturan keselamatan dan operasi transportasi udara. Sementara itu, Gubernur Wilayah Tver Igor Rudenya melakukan penyelidikan di bawah pengawasan pribadinya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Kronologi Jatuhnya Pesawat Jet Pribadi yang Tewaskan Bos Wagner Prigozhin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya