SOLOPOS.COM - Demo Yunani (Foto: Press TV)

Demo Yunani (Foto: Press TV)

ATHENA- Aksi seorang kakek yang nekat bunuh diri dengan psitol akibat tidak tahan dengan kesulitan ekonomi yang menderanya, memicu ribuan orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa di Athena, Yunani.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Aksi demo ini dilakukan setelah, pada Rabu, 4 April pagi waktu setempat, seorang pensiunan ahli farmasi menembak mati dirinya di dekat gedung parlemen di Athena. Pria berumur 77 tahun itu bunuh diri sebagai protes atas krisis ekonomi yang melanda Yunani.

Para saksi mata seperti diberitakan Press TV, Kamis (5/4/2012) menuturkan, kakek tersebut mengarahkan pistol ke kepalanya dan menarik picunya setelah berteriak-teriak “Saya punya utang, saya tak sanggup lagi.”

Di saku bajunya ditemukan selembar surat berisi alasannya melakukan bunuh diri. “Pemerintah telah menghapuskan harapan untuk kelangsungan hidup saya dan saya tak bisa mendapatkan keadilan. Saya tak bisa menemukan bentuk perjuangan lain kecuali akhir yang terhomat sebelum saya mulai mengais-ngais makanan dari sampah,” demikian bunyi pesan kakek tersebut.

Pada Rabu malam waktu setempat, ribuan demonstran berkumpul di Lapangan Syntagma, tempat bunuh diri itu terjadi. Mereka memprotes kemiskinan parah dan kesulitan keuangan di negeri itu. Warga Yunani tampak membawa lilin, bunga dan kertas-kertas bertuliskan tangan yang mengecam krisis ekonomi. Massa juga meneriakkan slogan-slogan termasuk “Ini bukan bunuh diri. Ini pembunuhan yang dilakukan negara.”

Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos menyampaikan kesedihannya atas bunuh diri tersebut lewat pernyataan yang dikeluarkan kantornya.

Yunani telah mengalami krisis finansial sejak 2010 lalu. Sejak itu negara tersebut bergantung pada pinjaman bailout internasional. Pemerintah Yunani pun harus menerapkan langkah-langkah penghematan ketat termasuk menurunkan tunjangan pensiun dan gaji. Namun resesi ekonomi kian parah sehingga menyebabkan ribuan orang kehilangan pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya