SOLOPOS.COM - Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, Kepala Staf TNI AD, yang disebut sebagai salah satu tokoh yang berpeluang dicalonkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, Kepala Staf TNI AD, yang disebut sebagai salah satu tokoh yang berpeluang dicalonkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA — Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman mengakui tidak tertutup kemungkinan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Pramono Edhie menjadi Ketua Umum Partai Demokrat menggantikan Anas Urbaningrum.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Siapa pun dia, termasuk Pramono Edy dipilih secara demokratis, ya itulah ketum kita,” kata Hayono di Kompleks Parlemen, Rabu (13/2/2013). Tanggapan itu disampaikan Hayono terkait kisruh internal yang melilit partai pemenang Pemilu 20019 tersebut.

Menurutnya, satu hal yang pasti adalah Ketua Umum PD akan dipilih melalui kongres partai. Namun demikian, Hayono tidak mau berspekulasi apakah pengambilalihan kewenangan Anas tersebut ada kaitannya dengan munculnya nama Pramono.

“Yang memilih kongres. Tapi saya ingin tahu dulu apa pertimbangannya menjadi Pramono Edhie menjadi ketua umum PD,” katanya. Dia menambahkan Pramono saat ini masih anggota TNI aktif dan akan pensiun tahun depan. Menurutnya, peluang munculnya Pramono sebagai ketua umum PD kalau pensiunnya dipercepat. Akan tetapi langkah itu, kalau diambil, merupakan keputusan pribadi Pramono yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu.

Pada bagian lain Hayono mengakui saat ini PD berada dalam kondisi luar biasa akibat penurunan elektabilias. Untuk itu, diperlukan juga satu tindakan luar biasa guna memulihkan kepercayaan publik sebagaimana yang dilakukan Ketua Majelis Tinggi, susilo Bambang Yudhoyono dengan mengambilalih kepemimpinan partai.

“Mohon dipahami, PD alami krisis kepercayaan. Maka mari dukung keputusan Dewan Pembina melalui Majelis Tinggi untuk mengatasi krisis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya