SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Batam-– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan krisis listrik nasional akan selesai Oktober.

“‘Byar pet’ diselesaikan 10 bulan pada 2010 ini,” kata Menteri saat pertemuan dengan pengusaha Kawasan Perdagangan bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan dan Karimun, di Batam, Jumat.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Menteri menjawab keluhan Bupati Karimun Nurdin Basirun yang mengatakan listrik di Karimun sering mati, sehingga menghambat pelaksanaan Kawasan Perdagangan Bebas di Karimun.

Ia mengatakan Presiden menjadikan penanggulangan permasalahan listrik menjadi prioritas utama.

“(Permasalahan) Listrik Jawa dan Bali sudah selesai. Dalam waktu dekat, daerah lain, termasuk Karimun,” kata Menteri.

Menteri mengatakan usul Undang-undang Kelistrikan yang baru memungkinan pemerintah daerah bekerjasama dengan swasta. Menurut Menteri, pemerintah tidak mungkin hanya mengandalkan PLN untuk memasok listrik di seluruh Indonesia.

Menteri Negara BUMN Mustofa Abubakar mengatakan pemerintah daerah dapat mengajak Bank Pembangunan Daerah guna membangun instalasi kelistrikan.

Di tempat yang sama, Gubernur Kepulauan Riau Ismeth Abdullah mengatakan di Tanjungpinang Pulau Bintan dan Pulau Karimun Besar telah terjadi krisis listrik.

“Warga sudah turun tangan. Kalau tidak dicegah, bisa-bisa kantor PLN sudah dibakar,” kata dia.

Gubernur menyayangkan program-program PLN tidak jalan, sehingga pengadaan listrik di Kawasan Perdagangan Bebas Bintan dan Karimun terhambat.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya