SOLOPOS.COM - KRISIS EKONOMI -- Guru dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di Barcelona, Spanyol, menentang pemotongan anggaran pendidikan oleh pemerintah. Krisis ekonomi di zona mata uang euro di Eropamenimbulkan kekhawatiran bartu di dunia. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

KRISIS EKONOMI -- Guru dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di Barcelona, Spanyol, menentang pemotongan anggaran pendidikan oleh pemerintah. Krisis ekonomi di zona mata uang euro di Eropamenimbulkan kekhawatiran bartu di dunia. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

JAKARTA – Bank Indonesia optimistis bisa mengatasi tekanan nilai tukar Rupiah,akibat krisis utang Uni Eropa, dengan menyiapkan beberapa amunisi.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia (BI), menjelaskan amunisi yang masih dimiliki oleh bank sentral a.l. cadangan devisa dan kesepakatan internasional seperti Perjanjian Chiang Mai Inisiatif Multilateralisasi.

“Kami punya cadangan devisa. Kami punya kesepakatan regional maupun internasional sperti Chiang Mai Initiative,” ujarnya, Kamis (31/5/2012). Chiang Mai Initiative telah berlaku efektif sejak 24 Maret 2010 beranggotakan negara Asean ditambah China, Jepang dan Korea (ASEAN+3). Chiang Mai Initiative bertujuan mengatasi masalah neraca pembayaran dan likuiditas jangka pendek di kawasan.

Program ini akan menyediakan bantuan likuiditas melalui transaksi swap mata uang bagi anggota yang mengalami kesulitan likuiditas. Melalui program ini, BI bisa mendapatkan likuiditas dolar hingga US$11,9 miliar, melalui mekanisme swap.

Selain itu, bank sentral juga segera meluncurkan instrumen term deposit berdenominasi Dolar AS, dengan tujuan sama , yakni mengurangi tekanan nilai tukar Rupiah. Instrumen ini rencana akan diluncurkan pada satu sampai dua pekan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya