SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Grobogan (Espos)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan membuka pendaftaran pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Grobogan 2011, mulai Kamis (14/10) hingga Rabu (20/10).

Ketua KPU Kabupaten Grobogan Ir Jati Purnomo ketika dihubungi Espos, Selasa (12/10), mengatakan KPU siap menerima berkas pendaftaran yang diajukan Cabup dan Cawabup yang diusung partai politik (Parpol).

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

“Untuk calon independen tidak ada yang mendaftar. Sedang untuk calon yang diusung partai politik akan dimulai Kamis (14/10) dan berakhir Rabu (20/10),” jelas Jati.

Mengenai persayaratan Parpol yang dapat mengajukan pasangan Cabup dan Cawabup, menurut Jati, adalah partai yang memiliki kursi minimal 8 kursi di DPRD atau memiliki 98.966 suara sah di Pemilu legislatif 2009.

Mengenai partai politik yang melakukan koalisi dengan Parpol lain untuk dapat mengusung pasangan Cabup dan Cawabup, Jati menyatakan, syaratnya jika tidak memiliki minimal 8 kursi ya harus memenuhi persyaratan memiliki minimal 98.966 suara sah di Pemilu 2009.

Ditanya apakah ada Parpol yang sudah melakukan pembicaraan dengan KPU sebelum masa pendaftaran, Jati menjelaskan, KPU sudah mengumpulkan Parpol di Kabupaten Grobogan.

“Sementara dari hasil pertemuan Kamis (7/10) lalu di KPU, saya melihat baru Partai Golkar dan PDIP yang sudah punya gambaran mengusung bakal Cabup dan Cawabup dalam Pilkada Grobogan 2011,” ujarnya.

Sementara hingga Selasa (12/10), DPC PDIP belum menerima rekomendasi dari DPP PDIP. Menurut Ketua DPC PDIP Kabupaten Grobogan M Yaeni SH kemungkinan rekomendasi akan turun sebelum pendaftaran di KPU.

Saat ini ada empat pendaftar Cabup di PDIP, yakni Sri Sumarni, Agus Supriyanto (mantan Bupati Grobogan), Pangkat Djoko Widodo dan Suwoto. Sedang pendaftar Cawabup, Djasmani, Arif Efendi, Hadi Suwignyo, M Misbach, M Yaeni dan Priman.

Sedang Partai Golkar sudah memastikan mengusung pasangan Cabup dan Cawabup, H Bambang Pudjiono dan H Icek Baskoro (incumbent). Sedang PKB yang memiliki tujuh kursi bakal berkoalisi dengan partai lain untuk dapat mengusung pasangan Cabup dan Cawabup.

Ketua DPC PKB Grobogan HM Nurwibowo menyatakan, PAC mencalonkan dirinya untuk maju. Sedang pasangannya sudah ada yang melakukan pendekatan yaitu Pangkat Djoko Widodo dan 90 persen PAC setuju untuk mengusung Pangkat Djoko Widodo.

“Mengenai siapa Cabup dan Cawabup kita serahkan sepenuhnya kepada DPP PKB,” tegasnya.

rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya