SOLOPOS.COM - Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso (acungkan jempol). (JIBI/Solopos/Antara)

KPK vs Polri memunculkan sorotan ke tubuh Polri. Salah satunya keberadaan Kombes Pol. Victor Simanjuntak dalam tim penyidik kasus BW.

Solopos.com, JAKARTA — Kabareskrim, Komjen Pol. Budi Waseso, akan bertanggungjawab di balik penunjukan perwira menengah Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol), Kombes Pol. Victor E Simanjuntak, sebagai penyidik yang ikut menangkap Bambang Widjojanto.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Iya dong, saya tanggung jawab lah. Nanti kan dilaporkan ke Divisi Propam,” kata Budi Waseso di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (25/2/2015). Budi Waseso mengatakan untuk hal tersebut nantinya Divisi Propam yang akan menindaklanjutinya. Menurut Budi, pihaknya menunggu laporan Propam.

Secara terpisah, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Ronny Sompie, mengatakan sebelum ada rekomendasi Ombudsman, pihaknya sudah melakukan penyelidikan terhadap kegiatan penyidikan oleh Bareskrim Polri terkait penangkapan Bambang Widjojanto.

“Sikap proaktif ini berkaitan dengan upaya Mabes Polri untuk meredam opini negatif yang sengaja dibangun oleh pihak tersangka untuk menghalangi proses penyidikan Bareskrim Polri,” kata Ronny Sompie.

Nama Kombes Pol. Victor muncul setelah keluarnya rekomendasi Ombudsman yang menyatakan keberatan atas hadirnya perwira Lemdikpol itu saat penangkapan Bambang Widjojanto. Polri beralasan telah secara khusus memasukkan Kombes Pol. Victor Simanjuntak ke dalam tim untuk menangani kasus dugaan pemberian kesaksian palsu yang menjerat Wakil Ketua KPK non-aktif, Bambang Widjojanto.

Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti, Wakapolri, mengatakan dirinya telah memindahkan Victor Simanjuntak ke Bareskrim sebagai penyidik. Badrodin beralasan pemindahan tersebut bertujuan untuk memperkuat tim penyidik yang menangani kasus tersebut.

“Surat keputusan pemindahannya sudah saya tandatangani, alasannya kami ingin memperkuat tim di Bareskrim,” kata Badrodin Haiti di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya