SOLOPOS.COM - Konferensi pers Presiden Jokowi terkait KPK vs Polri, Minggu (25/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Setpres-Intan)

KPK vs Polri maupun calon Kapolri masih menjadi polemik karena Presiden Jokowi belum mengumumkan sikap resminya.

Solopos.com, BOGOR — Presiden Jokowi masih belum memberikan sikap resmi terkait calon Kapolri dan kisruh KPK vs Polri. Padahal, hari ini sudah memasuki akhir pekan dan sebelumnya Jokowi telah menyatakan akan memberikan sikap dalam pekan ini.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Kapan? secepatnya, ya secepatnya,” kata Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jumat (13/2/2015) siang, menjawab pertanyaan wartawan tentang kapan dirinya akan mengumumkan sikap resmi.

Presiden Jokowi memang berkali-kali mendapat pertanyaan dari wartawan dalam pertemuannya dengan wartawan di halaman Istana Bogor. Namun Jokowi pun berkali-kali hanya menjawab “secepatnya”. “Proses sudah berjalan, tapi akan saya sampaikan statemen resminya secepatnya, belum saat ini,” katanya.

Pertanyaan ini diajukan karena sebelumnya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah mengajukan nama-nama baru calon kapolri pengganti Budi Gunawan kepada Presiden. Hal ini memantik spekulasi bahwa Budi Gunawan tak akan dilantik meski saat ini praperadilan di PN Jakarta Selatan belum selesai.

“Yang mengajukan itu siapa?” kilah Jokowi. Dia pun melanjutkan. “Bisa saja setelah ini [ada sikap resmi].”

Presiden Jokowi mengakui tidak mudah dalam memutuskan soal calon Kapolri dan kisruh KPK vs Polri. Dia mengaku ini merupakan masalah rumit sehingga dia belum bisa memutuskan hingga saat ini.

“Perlu kalkulasi, perhitungan yang betul-betul matang. Masalah politik, hukum, semua harus dihitung. Kalau masalahnya cuma satu, tidak bertumpukan, dalam 1×24 jam sudah saya putuskan.”

Jokowi mengaku sudah mendapatkan banyak masukan dari banyak pihak tentang masalah ini. Namun dia enggan menyebut masukan mana yang dia pertimbangkan untuk bersikap. “Semua saya dengarkan, baik dengan parpol, publik, masyarakat, tokoh-tokoh, semuanya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya