SOLOPOS.COM - Taufiequrrachman Ruki (JIBI/Solopos/Antara)

KPK vs Polri yang diakhiri batalnya penunjukan Budi Gunawan masih mengundang pertanyaan. Salah satunya penunjukan Taufiequrachman Ruki oleh Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menunjuk Taufiequrachman Ruki sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

ICW mendesak agar Taufiequrachman Ruki mempertegas sikapnya ihwal kasus Komjen Pol Budi Gunawan yang sebelumnya dinyatakan akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan dan Mabes Polri. Penegasan tersebut disampaikan Anggota Badan Pekerja ICW, Emerson Yuntho, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (21/2/2015).

“Ditunjuknya Pak Taufiequrachman Ruki itu membawa misi menyelamatkan KPK dan mengembalikan khittah KPK yang disegani atau menyelamatkan kasus-kasus tertentu. Saya pikir itu harus dipertegas Ruki,” tuturnya.

Menurut Emerson Yuntho, salah satu cara untuk mengetahui sikap Ruqi dalam menangani pemberantasan korupsi adalah dengan melakukan deklarasi yang menyatakan bahwa Ruqi terbebas dari konflik kepentingan yang berkaitan dengan kasus-kasus KPK.

“Kalau mau, yang harus dilakukan Pak Ruki sebelum berdinas resmi adalah melakukan deklarasi tentang isu konflik kepentingan,” kata Emerson Yuntho.

Emerson menilai hal tersebut harus dilakukan Taufiequrachman Ruki, mengingat saat ini dia menjabat sebagai Komisaris Utama Bank BJB Banten. Menurut Emerson Bank BJB saat ini tengah berperkara di KPK dan di Kejaksaan Agung.

“Pak Ruki saat ini Komisaris Bank BJB yang ditangani KPK. Pak Ruqi juga pernah di kepolisian. Artinya apa, untuk isu-isu yang berkaitan dengan kepolisian, Pak Ruqi tidak dalam posisi mengambil keputusan,” tukas Emerson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya