SOLOPOS.COM - Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — KPK menyita sejumlah uang tunai bermata uang asing dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan pejabat Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

“Iya, tim KPK juga mengamankan sejumlah uang dalam kegiatan tangkap tangan dimaksud. Uang yang diamankan sebagai bukti dalam bentuk rupiah dan mata uang asing,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa.

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Ali mengatakan uang tersebut kini masih dihitung oleh penyidik dan dikonfirmasi kepada pada pihak yang terjaring OTT tersebut.

Sejumlah pihak yang terjaring OTT segera dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

“Rencana, para pihak yang ditangkap akan segera dibawa dari Semarang ke Jakarta malam ini,” tambahnya.

Sebelumnya, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap beberapa orang terkait dugaan korupsi di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa (11/4/2023), mengatakan beberapa orang yang ditangkap tersebut terdiri atas penyelenggara negara dan pihak swasta.

“Ada beberapa yang ditangkap, di antaranya pejabat Balai DJKA Jawa Tengah, pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek pekerjaan perkeretapiaan, dan pihak swasta,” jelasnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Pihak-pihak yang terjaring OTT tersebut saat ini sedang dimintai keterangan oleh penyidik KPK.

Ali menambahkan KPK akan segera memberikan laporan perkembangan OTT tersebut kepada publik.

OTT dilakukan petugas KPK di Semarang dan Jakarta. Beberapa orang yang ditangkap dibawa dari Semarang ke Jakarta malam ini untuk kepentingan penyidikan.

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah berlokasi di Jl. Candi Prambanan Barat Raya, Kalipancur, Semarang, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya