SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Kendati sudah puluhan aset milik tersangka kasus simulator SIM dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Djoko Susilo telah disita, penyidik KPK terus memburu aset lainnya berupa tanah dan vila di Subang Jawa Barat.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengatakan tim KPK sedang menelusuri aset lain yang diduga milik Irjen Polisi Djoko Susilo di Subang Jawa Barat berupa tanah dan vila.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Tim KPK sedang menelusuri aset di Subang berupa tanah dan bangunan berupa vila di kawasan Subang. Ini sedang ditelusuri,” ujarnya, Senin (18/3/2013).

Johan membenarkan pada Jumat pekan lalu, kembali KPK melakukan penyitaan terhadap aset yang diduga berkaitan dengan Djoko Susilo, yaitu sebuah rumah dan tanah di Perumahan Harvestland Jl. Raya Kuta Bali dan sebidang tanah seluas 7.000 m2 di Desa Sudimara Tabanan Bali.

Dia menegaskan sampai saat ini belum ada informasi soal aset mantan Kepala Korlantas Polri itu yang berada di luar negeri. “Belum ada yang menyebutkan aset DS di luar negeri.”

Selain itu, KPK juga telah menyita empat mobil dan puluhan rumah mewah milik Djoko. Keempat mobil milik DS yang disita itu berjenis Jeep Wrangler, MPV Serena, Toyota Harrier dan Toyota Avanza.

Selain rumah, tanah, dan bus, penyidik KPK juga telah menyita tiga unit stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik Djoko yang berada di Ciawi Jawa Barat, Kaliungu Semarang Jawa Tengah dan Kapuk Jakarta Utara.

Johan menjelaskan penyitaan aset juga dilakukan terhadap tersangka lain, bukan hanya terhadap Djoko Susilo. Aset milik M. Nazaruddin berupa saham di Garuda Indonesia juga disita.

Namun, jumlah aset yang disita, katanya, tidak dapat disamakan dengan tersangka lain. Sebagai contoh, kerugian negara dalam proyek pengadaan simulator mengemudi (SIM) kendaraan roda dua dan roda empat di Korlantas Polri pada 2011 sekitar Rp100 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya