SOLOPOS.COM - KASUS KORUPSI -- Murdoko, Ketua DPD PDIP Jateng yang juga Ketua DPRD Jateng saat ditangkap KPK, Jumat lalu. Penahanan Murdoko atas sangkaan korupsi dinilai sarat kepentingan politik. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

KASUS KORUPSI -- Murdoko, Ketua DPD PDIP Jateng yang juga Ketua DPRD Jateng saat ditangkap KPK, Jumat lalu. Penahanan Murdoko atas sangkaan korupsi dinilai sarat kepentingan politik. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SEMARANG – Penahanan terhadap Ketua DPD PDIP Jateng, Murdoko disinyalir karena adanya persaingan di internal partai untuk memperebutkan kursi calon gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jateng 2013.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Muh Yulianto MSi, menyatakan, di internal PDIP banyak figur yang ingin menjadi calon gubernur (Cagub). ”Posisi Murdoko sebagai Ketua DPD PDIP Jateng sangat strategis untuk maju sebagai Cagub pada Pilkada Jateng 2013,” katanya kepada Espos. Sehingga menurut ia, wajar kalau penahanan terhadap Murdoko tersebut dikaitkan dengan politik, terutama menjelang Pilkada Jateng atau pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2013.

Dengan ditahannya Murdoko oleh KPK, sambung dosen FISIP Undip ini, maka sulit bagi yang bersangkutan untuk maju sebagai Cagub pada Pilkada Jateng 2013, sehingga rivalitas di internal menjadi berkurang. Penahanan ini, kata Yulianto, telah menyandera atau menggantung Murdoko untuk bisa maju menjadi kandidat Cagub, sebab proses hukumnya membutuhkan waktu lama, lebih dari satu tahun. ”Pilgub Jateng tinggal satu tahun lagi, sehingga sulit bagi Murdoko maju sebagai Cagub. Apalagi setiap kasus korupsi yang ditangani KPK tak pernah bisa bebas,” pungkasnya.

Sebelumnya Arif Gunawan Wibisono, pengacara Murdoko, menilai penahanan kliennya oleh KPK pada Jumat (13/4/2012) lalu ada unsur politik, terkait menjelang Pilgub Jateng tahun 2013. ”Penahanan ini semata-mata karena dorongan politik sehingga Murdoko ditahan, di mana suhu politik di Jateng naik menjelang Pilgub,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya