SOLOPOS.COM - Logo Koperasi (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Koperasi Warga Semen Gresik, Jawa Timur akhirnya masuk peringkat 300 dunia, tepatnya 233 besar, sekaligus memenuhi keinginan Kementerian Koperasi dan UKM untuk menempatkan salah satu koperasi terbaik nasional masuk jajaran elite dunia.
Menteri Koperasi dan UKM Sjaarifuddin Hasan, mengatakan meski pengumuman peringkat tersebut diumumkan pada November 2013, akan tetapi Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) mampu menembus harapan pemerintah.
”International  Cooperative Alliance (ICA) sudah mempublikasikan peringkat 300 besar ke seluruh dunia. Jadi kebenaran itu sudah valid. Pengumumannya dilaksanakan pada 5 November,” katanya kepada wartawan, Jumat (27/9/2013).
Sjarifuddin Hasan sangat senang atas prestasi tersebut sehingga meminta seluruh koperasi Indonesia merayakannya. Sebab, keinginan itu sejak akhirnya membuktikan jika koperasi dari Indonesia ada yang mampu menunjukkan kualitasnya.
Tahun depan, katanya, Kementerian Koperasi dan UKM terus mendorong pengajuan koperasi untuk dinilai ICA sebagai koperasi berprestasi. Calonnya adalah 5 kandidat koperasi yang sebelumnya diajukan.
Di antaranya adalah Koperasi Syariah Sido Giri, Koperasi Karyawan Telekomunikasi Selular, dan Koperasi Karyawan Indosat.Minimal, 5 koperasi akan dinominasikan kembali untuk mencaapai prestasi 300 besar dunia.
Pada sidang PBB tahun lalu di New York, AS,  Sjarifuddin Hasan mengusulkan melalui ICA agar penilaian masuk koperasi skala dunia tidak dikur dari besaran aset saja. Tetapi pendapatan yang bermanfaat bagi anggotanya.
Jadi bukan hanya turn over pendapatannya, tapi jumlah anggota yang bisa menikmati hasil koperasi itu. Usulan tersebut ternyata diterima sehingga menjadi salah satu acuan ICA serta membnawa KWSG masuk peringkat 233 dunia.
Keberhasilan KWSG masuk 300 besar dunia berdasarkan  penilaian badan independen dunia bekerja sama dengan salah satu universitas di Prancis. Salah satu penilaiannya adalah pendapatan yang dikaitkan PDB.

”Koperasi karyawan Semen Gresik yang ternyata mempunyai nilai PDB sekitar US$45.000 lebih, akhirnya masuk nominasi serta menerima penghargaan yang sejak 2 tahun lalu kita idamkan,” kata Sjarifuddin Hasan.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya